Ketik disini

Sumbawa

Pemda Cuekin Gili Balu

Bagikan

TALIWANG – Potensi obyek pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.  Salah satunya Gili Balu di Kecamatan Poto Tano.

Informasi dari pos perikanan setempat, tingkat kunjungan wisatawan setiap bulan antara 200 hingga 300 wisatawan. Sayangnya, potensi itu tidak digarap maksimal oleh pemda. Terutama dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Tangkap Pengawasan dan Pulau-Pulau Kecil Noto Karyono mengatakan, angka kunjungan wisatawan setiap tahun meningkat. Namun, untuk mengoptimalkan potensi itu belum didukung regulasi.

”Wisatawan yang berkunjung  rata-rata disponsori travel agency. Wisatawan gratis menikmati keindahan Gili Balu,” katanya, Kamis (19/5).

Potensi ini, kata dia,  semestinya bisa dikelola SKPD terkait, yakni Dinas Pariwisata. Menurutnya, sektor pariwisata sudah banyak yang melirik, terutama wisatawan yang dibawa para travel.

”Daerah tidak mendapatkan apa-apa. Itu karena regulasinya belum ada,’’ sesalnya.

Akibatnya, potensi yang dimiliki daerah untuk mendatangkan PAD tidak bisa terealisasi. Padahal, perhatian pemda dalam menata sektor pariwisata cukup serius. Bukti keseriusannya, pemda telah mengalokasikan anggaran miliaran rupah tiap tahun.

Seharusnya, lanjut dia, instansi terkait membuat regulasi agar bisa menarik retribusi terhadap wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata. Karenanya, dia mendorong intansi terkait, menginisiasi regulasi atau perda.

”Agar potensi pariwisata memberikan konstribusi bagi daerah,” pinta dia. (is/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *