Ketik disini

Headline Tokoh

Padukan Akademisi dan Talenta Praktisi

Bagikan

MATARAM – Para mahasiswa yang kini menempuh pendidikan S2 di Universitas Mataram berharap perguruan tinggi negeri terbesar di NTB ini melakukan terobosan. Antara lain menghadirkan para praktisi dalam metode pembelajaran. Tentu saja untuk memperkaya apa yang didapat dari para akademisi dan tenaga pengajar di Unram.

Harapan ini antara lain datang dari Syarifah Hijriyani, mahasiswa magister Fakultas Hukum Unram. “Rata-rata mahasiswa magister di Unram adalah orang yang sudah bekerja. Jadi akan lebih tepat dan dirasakan efek kuliah jika ada pengajar dari kalangan praktisi,” kata dia kepada Lombok Pos.

Yani, sapaan akrabnya memisalkan dirinya. Ia mengaku, ketika mendapatkan materi kuliah dari tenaga praktisi, ia merasa akan lebih leluasa belajar. Khususnya mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan masalah pekerjaan.

“Saya senang ketika yang ngasih materi kuliah berasal dari kalangan notaris atau praktisi hukum. Jadi kami bisa belajar banyak hal tentang kenotariatan dari pengalaman mereka. Itu saya rasakan benar-benar menunjang pekerjaan,” jelas perempuan yang bekerja di BPJS Kesehatan Bidang Kepatuhan Hukum dan Komunikasi Publik ini.

Antara lain mulai dari pembuatan akta pendirian, pegangan dan berbagai hal di bidang hukum menjadi hal yang digeluti Yani sehari-hari di BPJS Kesehatan.

Tentunya banyak hal atau kendala yang dihadapinya dalam menjalankan profesinya tersebut.Sehingga, kehadiran seorang praktisi di dunia kuliah dikatakannya bisa membantunya dalam menyelesaikan masalah pekerjaan.

“Saya pikir bukan hanya di bidang hukum saja yang perlu praktisi. Bukan hanya di jurusan magister. Semua fakultas dan jenjang program studi akan membutuhkan seorang praktisi untuk memberikan pembelajaran,a�? kata perempuan kelahiran 2 Juli 1990 ini.

Karena dari praktisi mahasiswa bukan hanya belajar kelimuannya tapi pengalaman dan wawasan mereka. “Tentunya tanpa mengenyampingkan unsur akademisi. Karena, bagaimanapun juga para praktisi ini kan bisa dilahirkan karena kehadiran akademisi,” sambungnya.

Yani juga mengungkapkan saat ini banyak dosen dan tenaga pengajar di Unram yang masih muda namun memiliki gelar keilmuan yang tinggi. Mereka juga memiliki semangat tinggi. Sehingga, hal ini akan lebih memotivasi para mahasiswa lebih aktif belajar di tengah kesibukannya bekerja. (ton/r10)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *