Ketik disini

Politika

Perlu Iddah Politik

Bagikan

MATARAM – Partai politik diharapkan benar-benar selektif dalam memilih kader. Terutama terkait persiapan menghadapi pemilu yang akan berlangsung. Dinamika intrrnal partai politik tidak lepas dari integritas pengurus dan kadernya. Dengan begitu, parpol harus mengkaji siapa figur calon kader yang akan direkrut.

Pemerhati masalah sosial politik dari Institut Agama IslamA� (IAI) Qomarul Huda Ahyar Fadli menilai pentingnya masa iddah (menunggu) politik terutama bagi tokoh ataupun penjabat yang ingin pindah partai. Itu menjawab keinginan sejumlah tokoh untuk pindah partai.

Menurut dia, iddah politik itu dimaksudkan untuk memberikan waktu bagi partai politik menyeleksi calon kadernya. Hal itu dinilai agar tercipta sistem perpolitikan yang baik dari sebelumnya.

“Iddah politik itu diperuntukkan bagi tokoh atau penjabat yang ingin pindah partai. Masa tunggu itu penting bagi parpol agar punya waktu untuk screening calon kadernya,” ujar Ahyar Fadli kepada Lombok Post kemarin.

Dia menjelaskan partai politik setidaknya berhati-hati menerima kader apalagi untuk menjadi penjabat tertentu. Mantan Komisioner KPU Lombok Barat itu yakin setiap partai politik punya mekanisme tersendiri dalam penerimaan kader. Terlebih ada parpol yang sudah menerapkan sekolah kader atau pelatihan tertentu sehingga anggotanya lebih berintegritas.

Fenomena “lompat pagar” terutama oleh tokoh tertentu menurut dia harus diwaspadai. Apalagi tokoh tersebut diketahui sudah dipecat dari partainya.

“Agar tidak terkesan partai politik sebagai penampung sampah. Iddah politik itulah dimanfaatkan untuk mempelajari kader barunya,” papar dia

Adapun batas waktu masa tunggu bagi politikus pindah partai menurut AhyarA� sekitar enam bulan. Terkecuali partai politik tersebut menyetujui tokoh yang dimaksud. Artinya, parpol perlu mendalami latar belakang calon kadernya sehingga tidak merugikan parpol di kemudian hari. (tan/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *