Ketik disini

Metropolis

Tiongkok Tertarik Investasi di NTB

Bagikan

MATARAM – Beberapa waktu lalu, Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi berkunjung ke Tiongkok. Kedatangan TGB bersama sejumlah Kepala SKPD dalam rangka memenuhi undangan pemerintah Tiongkok dan beberapa perusahaan.

Dari kunjungan tersebut, Pemprov NTB dan Pemerintah Tiongkok menyampaikan ketertarikannya untuk berinvestasi membangun usaha di Bumi Gora. Salah satunya yakni keinginan untuk membangun industri pabrik daging halal. “Mereka mengaku kalau berminat investasi di NTB karena sebelumnya mereka pernah berkunjung ke sini. Ada beberapa kesepakatan yang telah terjalin dalam kunjungan tersebut,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB, Yusron Hadi.

Selain pabrilk daging, ada juga kerja sama di bidang industri perdagangan, perternakan, pariwisata dan pertanian. Bentuknya, ada kerja sama jangka panjang maupun pendek. Salah satu kerja sama yang dijelaskan akan segera direalisasikan yakni pembangunan A�pabrik daging halal. Ini akan dilakukan oleh PT Heying yang menjadi perusahaan pabrik industri daging halal di Tiongkok. “Baik itu daging sapi, sosis atau daging ayam. Karena mereka mungkin NTB dilihat cocok dan punya potensi untuk itu,” terang Yusron.

Pembangunan pabrik berpeluang dibangun di wilayah Sumbawa. Nantinya, tindak lanjutnya adanya penjajakan area lahan yang dibutuhkan, hingga dukungan A�kebutuhan pabrik akan daging sapi maupun daging ayam. “Dalam waktu dekat mereka akan kembali berkunjung ke NTB,” kata dia.

Keinginan membangun pabrik daging halal di NTB tidak terlepas akan tingginya minat konsumen terhadap daging halal di Tiongkok. Mengingat di salah satu provinsi yang ada di Tiongkok, jumlah penduduk muslim mencapai 36 persen. Hal ini membuat omzet PT Heying dikatakan per tahun bisa mencapai Rp 4 triliun dari usaha industri daging halal ini. “2017 nanti, Pemerintah Tiongkok juga bakal mengundang Gubernur untuk menghadiri Festival Halal Food sebagai upaya untuk menindaklanjuti keinginan untuk menjalin kerja sama ini,” tandasnya. (ton/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *