Ketik disini

Bima - Dompu

BPMPD Panggil Kades

Bagikan

DOMPU – Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Dompu memanggil Kepala Desa (Kades), kemarin (13/6). Kades diminta untuk menyelesaikan syarat pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

Kades yang dipanggil yakni Mangge Asi, Kempo, Songgaja, dan kades lainnya. Menurut Kepala BPMPD Dompu H Supardi, pihaknya memberikan pembinaan kepada pemerintah desa agar menyelesaikan segala persyaratan pencairan ADD dan DD.

”Beberapa waktu lalu kita memang melayangkan surat kepada desa yang belum menyelesaikan syarat pencairan anggaran. Kita meminta mereka hadir ke BPMPD untuk menyampaikan kendalanya,” kata H Supardi, kemarin.

Dalam pertemuan itu, kata dia, hambatan terbesar desa terletak pada penetapan APBDes. Khususnya menyangkut musyawarah dengan masyarakat untuk menghasilkan keputusan desa.

”Kebanyakan hambatannya pada musyawarah dengan masyarakat serta BPD untuk penentuan APBDes,” beber dia.

Kendati demikian, BPMPD terus menekankan agar semua persyaratan itu segera dituntaskan. Mengingat batas waktu penyampaian SPJ tahap pertama makin dekat.

”SPJ ADD harus sudah disampaikan bulan depan. Sedangkan SPJ DD pada bulan Agustus. Kalau terlambat pencairan, desa yang rugi,” tegasnya.

Jika pencairan tahap pertama lamban, otomatis akan mempengaruhi pencairan pada tahap kedua. Sedangkan realisasi penggunaan anggaran tahun ini akan menentukan perolehan anggaran tahun depan.

”Makanya saya tekankan, kalau lambat penyelesaian pencairan anggarannya, mereka sendiri yang rugi,” pungkasnya. (fir/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *