Ketik disini

Pendidikan

NTB Rangking 21 Peraihan Medali LKS Nasional

Bagikan

MATARAM – NTB berada diurutan ke 21 perolehan medali ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) XXIV 2016. Kompetisi yang dipusatkan di Malang Jawa Timur beberapa waktu lalu, NTB membawa pulang  17 medali dengan jumlah poin 37. “Tahun ini kita termasuk pulang bawa medali cukup banyak dibandingkan tahun lalu,” aku Kepala SMKN 3 Mataram Umar, Sabtu (11/6).

Umar mengatakan, pada LKS tingkat nasional,  perwakilan NTB mengikuti delapan mata lomba dari 33 mata lomba yang dilombakan. Minimnya mata lomba diikuti siswa karena jurusan terbatas. Banyak jurusan SMK di NTB yang tak ada pada mata lomba. Sehingga, tak bisa ikut. “Kalau ada mungkin akan diikutkan, tapi ini tak ada,” ujarnya.

SMKN 3 Mataram sendiri lanjut Umar, ikut pada LKS bidang teknik gambar bangunan. Hasilnya, sekolah dipimpinnya ini meraih juara harapan satu.

LKS tingkat nasional penilaiannya bukan siswa yang meraih nilai tertinggi. Melainkan, berdasarkan passing grade. Jika peserta  tak meraih nilai sesuai passing grade maka tidak akan meraih medali meski nilainya tertinggi pada lomba tersebut. “Tak mesti menjadi juara bisa membawa pulang medali pada LKS. Namun sebaliknya juara III atau IV bisa membawa pulang medali asalkan memenuhi pasing grade,” urainya.

Disinggung soal kurang pembinaan dari tim provinsi. Umar mengatakan, memang kurang. Lebih-lebih pembina harus mengeluarkan uang sendiri untuk mendampingi siswanya yang ikut lomba ke luar daerah. “Kami yang bayarkan tiket pembina LKS ketingkat nasional,” ujarnya.

Kedepan kata Umar, dari informasi didapatkan, pembinaan LKS akan dimulai dari tingkat kota hingga ke nasional. Dengan seperti ini maka prestasi NTB pada LKS nasional akan meningkat. “Mudahan NTB bisa seperti provinsi Jatim yang meraih medali terbanyak pada LKS,” sebutnya.

Umar menambahkan, tahun ini Asean Competitios tidak ada. Jadi, juara LKS tingkat nasional akan langsung mengikuti Word Competitions yang akan dipusatkan di Uni Emirat Arab Abu Dhabi. (jay)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *