Ketik disini

Pendidikan

SDN 1 Cakranegara Lestarikan Teluk Bawur Sekotong

Bagikan

MATARAM – SDN 1 Cakranegara gelar kegiatan karya wisata ke Teluk Bawur Sekotong Lombok Barat. Dalam acara tersebut, para murid melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan menanam puluhan pohon mangrov. “Selain itu kami juga membersihkan pantai dikawasan teluk Bawur,” kata Kepala SDN 1 Cakranegara Ni Nyoman Elly Setiawati, kemarin (9/6).

Elly menuturkan, 65 murid kelas VI ini bukan hanya datang ke pantai untuk rekreasi, namun bagaimana mengajarkan murid melestarikan pantai.

Elly menyiapkan  70 pohon mangrov untuk ditanam di sekitar kawasan teluk Bawur. Waktu itu pihak sekolah mendapat mendapat bantuan pohon mangrov dari dinas pertanian NTB. “Pohon ini yang kita tanam dengan mengajak murid ke pantai. Selain rekreasi, kami juga ajarkan murid melestarikan lingkungan sekitar pantai,” ucapnya.

Elly sengaja memilih kawasan Teluk Bawur Sekotong untuk melakukan bakti sosial lantaran pantainya memesona. Di Teluk Bawur pantainya cukup indah. Namun tidak dirawat dengan baik.Elly mengatakan, para pengunjung yang datang ke sini hanya menikmati keindahan pantai saja tanpa menjaganya. Buktinya, banyak sekali sampah di pantai tersebut. “Sampah pantai ini yang kami bersihkan, bahkan kami lombakan,” ucapnya.

Dalam aksi bersih-bersih, ia menyiapkan kantung plastik. Sampah dipungut murid terbanyak akan mendapat hadiah langsung. Tercatat sampah dikumpulkan murid berupa sampah anorganik mencapai 100 kg.

Elly mengaku, banyak manfaat didapatkan murid dengan kegiatan ini. Murid akan tahu pentingnya habitat laut yang termasuk pohon mangrov. Disamping itu, murid juga bisa melestarikan pantai dengan cara menjaga kebersihan.

Mestinya kata Elly, ada himbauan dan sosialisasi dari pemerintah setempat  melalui dinas terkait guna melestraikan daerah pesisir pantai. Terutama dalam menjaga kebersihan pantai. Pengunjung jangan hanya menikmati keindahan alam, melainkan juga bisa menjaganya.

Elly menambahkan, pihaknya juga memberikan puluhan bibit ayam kepada warga sekitar teluk Bawur. Dengan harapan ayam ini nantinya bisa dipelihara.

Sementara itu salah satu guru setempat Wayan Sugiartha mengatakan, program ini sangat didukung para guru dan wali murid. Program ini bukan hanya mengajak para siswa pelesir saja. Melainkan, para murid juga bisa menjaga keindahan alam dengan tidak merusak habitat yang ada.(jay)

Komentar

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *