Ketik disini

Bima - Dompu Headline

Arkeolog Temukan Benteng Bekas Kerajaan Tambora

Bagikan

DOMPU -Lereng Gunung Tambora ternyata menyimpan misteri. Balai Arkeologi Denpasar Bali menemukan sebuah benteng kerajaan yang diperkirakan sudah berumur 4.000 tahun silam.

Lembaga itu telah melakukan penelitian dengan menggali benteng yang terletak di padang savana Tambora.

Ketua tim peneliti Balai Arkeologi Denpasar I Putu Yuda Haribuana mengungkapkan, dari hasil penggalian ditemukan adanya pecahan kreweng dan keramik.

Dari keramik yang sudah ditemukan memiliki kesamaan ciri seperti yang ditemukan di Sori Sumba. Memiliki glasiran berwarna biru dan merah, serta berbentuk bunga.

”Jenis Keramik seperti itu berasal dari dinasti Ching dan Ming, dari Cina,” katanya.

Namun yang sangat menarik dalam temuan ini, tim mendapat mata panah yang terbuat dari logam. Penemuan mata panah itu mengindikasikan bahwa tingkat peradaban masyarakat cukup tinggi pada saat itu.

Temuan benda-benda purbakala tersebut melahirkan kesimpulan awal, kemungkinkan adanya pemukiman.

Indikasinya adalah adanya bekas benteng seluas sekitar 10 hektare. Lebarnya sekitar 200 meter, tinggi sekitar 5-6 meter, dan ketebalan sekitar 3,5 meter.

”Di benteng tersebut terdapat pos pemantau atau mercusuar,’’ jelasnya.
Ada juga  mata air di bawah atau di luar benteng, jika air laut surut maka mata air tersebut bisa dimanfaatkan. Diuraikan kondisi benteng dibangun cukup kokoh dengan material sekitarnya.

”Sehingga kalau dihubungkan dengan peta geologi, umur daerah di sini (Pekat) sekitar 1.500 sampai dengan 4000 tahun yang lalu,”terangnya. Temuan itu ditambahkanya akan terus diteliti untuk mendapatkan kesimpulan. (am/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *