Ketik disini

Tanjung

Pemkab Tolak Izin Sumur Bor

Bagikan

TANJUNG – Sejumlah hotel di tiga gili mengajukan izin pemanfaatan sumur bawah tanah. Namun Dinas PU, Perumahan, dan ESDM Lombok Utara memilih menolak permohonan izin tersebut. a�?Memang ada beberapa hotel yang mengurus izin untuk menggali sumur bor, tetapi kita tolak,a�? ujar Kasi ESDM Amri Kusodo.

Menurutnya, alasan penolakan tersebut didasari adanya Peraturan Gubernur Nomor 20 tahun 2015 tentang Tata Cara Pemanfaatan Air Bawah Tanah. Dinas PU tegas menolak, terlebih pengajuan izin dilakukan oleh hotel-hotel yang beroperasi di tiga gili.

Hingga saat ini pun, pemanfaatan air bawah tanah yang dilakukan hotel-hotel di tiga gili, serta pemanfaatan air sumur bor oleh investor di Gili Trawangan tak memiliki izin. Oleh karenanya, Pemkab melalui Tim Penertiban harus segera mengambil sikap untuk menutup sumur-sumur yang memang dilarang di tiga gili.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Lombok utara berencana menertibkan sejumlah sumur bor yang dimiliki oleh beberapa hotel di tiga gili. Wakil Bupati Lombok utara Sarifudin telah mewanti-wanti hal ini semenjak dirinya duduk sebagai legislatif.

Pasalnya, selain tidak melalui regulasi yang jelas, beberapa hotel juga tidak menyetor retribusi dari pemanfaatan air bawah tanah yang beroperasi di darat maupun tiga gili. Dengan penertiban yang akan dilakukan nanti, ia meminta kedepan pemanfaatan air bawah tanah oleh hotel harus melewati regulasi yang ditetapkan pemerintah. (puj/r9)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *