Ketik disini

Headline Sportivo

Enam Cabor Non Unggulan Potensi Sumbang Emas

Bagikan

MATARAM – Target 15 medali emas (Libas) yang dicanangkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB pada PON XIX/2016 di Jawa Barat (Jabar) tak sekadar digaungkan tanpa perhitungan matang.  Perlu analisa yang jelas untuk memetakan cabor prioritas sebagai tumpuan medali prestise tersebut.

Meski tidak masuk dalam cabor perhitungan, tujuh cabor non unggulan dinilai berpotensi menyumbangkan medali emas. Hal tersebut tidak terlepas dari track record atlet ketika mengikuti ajang Pra-PON dan kejurnas try out.

Tujuh cabor tersebut antara lain karate, dansa, wushu, voli pasir (putra), taekwondo dan BMX.  Sementara cabor yang menjadi unggulan NTB di PON nanti yakni, atletik, pencak silat, tarung derajat dan tinju.

Ketua KONI NTB Andy Hadianto mengatakan enam cabor tersebut memiliki peluang cukup besar untuk meraih medali emas. Dia yakin dengan program memoles skill dan membenahi fisik, kemungkinan medali kejurnas dan Pra-PON bisa meningkat menjadi emas.

”Mereka tidak punya beban (medali emas) sehingga bisa tampil lepas dengan semangat tinggi,” katanya ditemui Lombok Post di ruang kerjanya, kemarin.

Andy berharap semua atlet pelatda bisa berjuang semaksimal mungkin di PON nanti. Menurutnya, semua atlet punya kans medali. Sehingga diharapkan turun di arena pertandingan dengan motivasi tinggi.

”Jika ditangani dengan benar sangat memungkinkan mereka (enam cabor) meraih medali emas,” tegasnya.

Ditambahkan, semua program latihan pelatda sudah berjalan baik. Persiapan menuju event olahraga terakbar empat tahunan tersebut dinilai masih on the track.

”Semua sudah diperhitungkan secara matang, tinggal menjalankan dan melihat hasil akhir. Pastinya kami akan berjuang semaksimal mungkin memenuhi target,” jelasnya.

NTB akan menurunkan 113 atlet di 23 cabor pada PON XIX/2016 Jabar September mendatang. PON tahun ini, Bumi Gora menargetkan 15 medali emas.

Lebih banyak empat emas dibanding PON 2012 di Riau yang membawa pulang 11 medali emas. Dukungan semua pihak diharapkan KONI NTB demi sukses di Jawa Barat mendatang. (zen/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *