Ketik disini

Bima - Dompu

Hore, ASN Bima Panen Uang

Bagikan

BIMA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima telah mencairkan anggaran Rp 72 miliar lebih. Anggaran itu untuk membayar gaji ke-13 dan 14 Aparatur Sipil Negara (ASN) sekitar 9.653 orang.

Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Setda Kabupaten Bima M Yamin mengatakan, total gaji ke-13 yang dibayarkan sebesar Rp 39,44 miliar.

Dialokasikan ke ASN berbagai golongan. Untuk  ASN Golongan IV sebanyak 3.152 orang. Golongan III, 4.677 orang, golongan II, 1.753 orang dan  golongan I, 71 orang.

”Pembayaran gaji ke-13 ini mencakup gaji pokok ditambah tunjangan keluarga dan tunjangan lain-lain, serta dikurangi pajak. Sedangkan gaji ke-14 sebesar Rp 32,64 miliar,” jelasnya, kemarin (27/6).

Wakil Bupati Bima Dahlan M Noer mengimbau ASN mempergunakan gaji ke-13 dan 14 dengan bijak.

”Jangan foya-foya,” katanya.

Ia mengingatkan, penerimaan gaji itu harus diimbangi dengan peningkatan kinerja. ASN tidak hanya menuntut hak, tetapi harus memenuhi kewajiban.

Dengan hadir tepat waktu  di tempat kerja, sambung dia, disiplin dalam menjalankan tugas dan tidak malas. ”Pegawai harus malu menerima gaji ke-13 dam 14, jika masih malas,” tegasnya.

Sementara, Pemkot Bima telah mencairkan gaji ke-13 bagi ASN. Kepala DPPKAD Kota Bima Muhtar Landa mengaku, gaji ke-13 dan 14 sudah cair.

”Tinggal diambil saja ke rekening masing-masing. Kami sudah mengirim uang ke rekening SKPD,” bebernya.

Ia menjelaskan, jumlah gaji ke-14 yang akan diterima ASN sebesar gaji pokok. Besarannya sesuai pangkat dan golongan.

”Tunjangan tidak dihitung untuk gaji ke-14, hanya gaji pokok saja,” jelasnya.

Untuk gaji ke-13, lanjutnya, besaran uang yang diterima sama dengan gaji bulanan. Gaji pokok ditambah dengan tunjangan.

Muhtar mengatakan, anggaran untuk membayar gaji ke-13 sudah cair sekitar Rp 19,523 miliar. Sedangkan untuk membayar gaji ke-14 sekitar Rp 15,955 miliar.

”Jumlahnya berbeda karena gaji ke-14 tidak termasuk tunjangan,” katanya. (mch/nk/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *