Ketik disini

Giri Menang

Catat, Perusahaan Wajib Bayar THR Hari Ini

Bagikan

GIRI MENANG – Hari ini, sesuai dengan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016, merupakan batas terakhir pembayaran tunjangan hari raya (THR). Karena itu, seluruh perusahaan di wilayah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) wajib menunaikan kewajibannya, dengan membayar THR, Rabu (29/6) ini.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lobar HM Syukron mengatakan, pihaknya sudah mengimbau seluruh perusahan di Lobar.

Caranya dengan mengedarkan surat pemberitahuan terkait THR untuk karyawannya. ”Seminggu lalu, tanggal 21 Juni sudah kita kirim surat,” kata Syukron.

Sesuai dengan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016, Syukron mengatakan, perusahaan wajib membayar THR seminggu sebelum hari raya.

Jumlah THR pun disesuaikan dengan nilai upah yang diterima pekerja selama satu bulan dan masa kerja di perusahaan tersebut.

”Harus terbayarkan seminggu sebelum lebaran, wajib hukumnya,” tegas Syukron.

Syukron menambahkan, sejauh ini belum ditemukan perusahaan yang tidak membayarkan THR. Meski demikian, dia tetap mengimbau kepada sejumlah pekerja untuk melaporkan perusahaannya bila THR tidak dibayarkan.

”Belum ada, karena itu kita imbau perusahaan untuk memperhatikan pekerjanya menjelang lebaran ini,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Asosiasi Pengusah Hiburan (APH) Lobar Herman mengatakan, terkait THR, akan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan perusahaan.

Termasuk kapan akan dibayarkan dan berapa jumlah besaran THR yang akan diterima karyawan. ”Kita sesuaikan dengan kondisi perusahaan,” kata Herman.

Menurut Herman, kondisi Senggigi sangat lesu beberapa bulan terakhir. Sejumlah perusaahan yang tergabung dalam APH pun tidak mampu untuk membayar THR sesuai ketentuan Permenaker Nomor 6 tahun 2016, yakni satu kali gaji.

”Memang ada karyawan yang tidak menerima satu kali gaji, tapi mereka memaklumi karena kondisi yang sedang lesu ini,” keluh Herman.

Sejauh ini, sejumlah tempat hiburan telah memulai untuk membayar THR. Namun ada juga juga perusahaan yang belum membayar.

”Biasanya yang belum bayar ini empat atau lima hari sebelum lebaran baru dibayarkan THR nya,” aku dia. (dit/r6)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *