Ketik disini

Metropolis

Jangan Dianggap Remeh!

Bagikan

MATARAM – Sampah kembali menjadi masalah. Sudut-sudut kota kembali dihiasi tumpukan sampah. Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Mataram Muhtar mengatakan, sampah merupakan pekerjaan besar Kota Mataram.

“Dari hasil evaluasi tahun ke tahun kondisinya seperti itu saja. Itu baru sampah yang nampak saja, belum termasuk yang ada di dalam lingkungan,” katanya.

Menurutnya, jangan masyarakat saja diminta bisa menjaga kebersihan tapi sarana pra sarana pendukung kebersihan tidak tersedia. Problem lama ini belum diselesaikan sampai saat ini. Oleh karena itu, penanganan sampah harus benar-benar serius.

Ia mencontohkan, jika memang serius bisa dilakukan dengan pendekatan per kelurahan. Seperti di Dasan Agung, petugas sampah keliling setiap pagi ke rumah penduduk kemudian mengangkut sampah. Cara ini lebih efektif, dimana mobil keliling dan membiasakan masyarakat menaruh sampah di depan rumah. “Saya pikir cara seperti ini akan efektif,” ujarnya.

Penanganan yang lazim saat ini, sampah dikumpulkan di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Namun, bagi Muhtar, cara seperti itu tidak efektif karena sampah numpuk-numpuk terus. Sehingga menjadi pemandangan kota. “Itu yang kebanyakan jadi sampah lagi,” katanya.

Ke depan ada wacana untuk memberikan satu lingkungan satu Tosa. Tapi jika hanya mengantarkan sampah ke TPS, tidak akan efektif. Dalam hal ini peran dari dinas kebersihan mestinya tidak membiarkan sampah menumpuk di TPS. Untuk ini, diperlukan komitmen kuat dari SKPD.

“Kalau saya tidak mau mengatakan semangat kepala daerah kendor, tapi pejabat SKPD terkait harus lebih fight lagi,” imbuhnya.

Ia menyarankan agar kepala SKPD dievaluasi kinerjanya. Mana birokrasi yang lelet dan tidak bisa berlari, harus diganti. “Dalam kesempatan ini mumpung dipercaya sama masyarakat harus benar-benar dilaksanakan dengan baik,” ujar politisi Gerindra ini. (ili/r6)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 wholesale jerseys