Ketik disini

Politika

Bawaslu Lanjutkan Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan

Bagikan

MATARAM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB melanjutkan program lomba cerdas cermat tingkat SMA sederajat. Lomba ini terkait tentang kepemiluan. Ketua Divisi Penindakan dan PengawasanA� Bawaslu NTB Bambang Karyono mengatakan, lomba cerdas cermat itu sebelumnya sudah berlangsung di Pulau Sumbawa.

Peserta cerdas cermat terdiri atas siswa kelas XI dan XII. Mereka akan menjawab pertanyaan seputar kepemiluan dan pengawasan pemilu. Sebanyak 60 sekolah se-NTB dilibatkan dalam kegiatan yang pertama kali diselenggarakan Bawaslu NTB itu. “Kami melanjutkan cerdas cermat tentang kepemiluan itu di Pulau Lombok. Seluruhnya ada 20 titik,”kata Bambang kepada Lombok Post, kemarin (14/7).

Adapun materi yang diangkat dalam kegiatan itu diantaranya tentang kepemiluan, pengawasan, undang-undang, dan politik kedaerahan atau seputar pilkada. Kegiatan itu dinilai sebagai bentuk sosialisasi pengawasan partisipatif yang menyasar siswa sekolah.

Bambang mengharapkan lomba cerdas cermat itu bisa meningkatkan pengetahuan para pelajar. Terutama pemilih pemula tentang kepemiluan. “Kami berharap kegiatan ini benar-benar sebagai pendidikan politik terutama bagi pemilih pemula” paparnya.

Tidak hanya lomba cerdas cermat, Bawaslu NTB juga mengagendakan lomba jurnalistik dan karya tulis ilmiah. Selanjutnya pihaknya akan menyasar organisasi keagamaan dan kemasyarakatan terkait sosialisasi pengawasan partisipatif.

Nantinya, sejumlah pemenang lomba cerdas cermat di masing-masing kabupaten/kota akan dipertemukan dilevel provinsi. Dia optimistis kedepannya kegiatan serupa akan berlangsung di tingkat nasional.

Beragam kegiatan itu ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai keberadaan Bawaslu berikut tugas dan fungsinya. Masing-masing kabupaten/kota melibatkan enam sekolah. Hanya di Lombok Tengah yang diikuti sembilan sekolah. Sedangkan di Kabupaten Dompu hanya empat sekolah. (tan/r9)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka