Ketik disini

Ekonomi Bisnis

BNI Siap Layani Tax Amnesty

Bagikan

MATARAM – Cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) yang ada di seluruh Indonesia dan di luar negeri akan siap melayani tax amnesty. Sebanyak 1.806 cabang baik dalam negeri maupun luar negeri siap menampung dana yang mengalir repatriasi dari luar negeri.

”Ini merupakan dana tebusan yang dibayarkan dalam memenuhi persyaratan tax amnesty dari para wajib pajak,” kata Dirut BNI Achmad Baiquni.

Ia menjelaskan fasilitas tax amnesty merupakan kesempatan bagi wajib pajak (WP) baik perorangan maupun perusahaan untuk mendapatkan insentif berupa pengampunan pajak.

Di mana WP yang dapat pengampunan pajak ini harus dengan membayar uang tebusan atas pelaporan harta yang dimilikinya. Melalui kebijakan tax amnesty diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Baiquni menerangkan tax amnesty ini merupakan kesempatan atau opportunity bagi para WP. Karena pemerintah memberikan berbagai paket keringanan bagi WP yang berniat mendeklarasikan penghasilan kena pajaknya secara terbuka (voluntary declaration) atau membayar pajak yang belum terbayarkan.

Kelompok usaha BNI, baik induk usahanya, maupun perusahaan-perusahaan anak, yaitu BNI Securities dan BNI Asset Management telah menyiapkan beragam produk dan layanan.

Ini dilakukan guna menjadi pintu masuk dana repatriasi yang masuk ke Indonesia dalam rangka memenuhi persyaratan tax amnesty.

BNI sebagai salah satu bank BUMN yang masuk dalam kategori bank persepsi (bank penerima setoran pajak) di Indonesia, memiliki peran penting untuk mendukung pelaksanaan kebijakan ini.

BNI sebagai grup lembaga keuangan telah memiliki jaringan dan perusahaan anak yang lengkap untuk menyediakan instrumen investasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan dana repatriasi tax amnesty.

”Pintu masuk pertama yang dapat digunakan WP adalah produk simpanan dan layanan trustee. Pintu masuk kedua dari BNI melalui produk BNI Tresuri dan Wealth Management. Pintu masuk ketiga dapat menggunakan produk-produk BNI Securities,” tandasnya. (nur/r4)

Komentar

Komentar