Ketik disini

Tanjung

Semua Siswa Baru Diminta Sungkem ke Ortu

Bagikan

Sejumlah sekolah di Lombok Utara mulai melakukan aktivitas setelah menjalani libur panjang, kemarin (18/7). Hari pertama ini dimanfaatkan beberapa sekolah untuk menggelar program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Seperti yang dilakukan SMPN 3 Tanjung.

***

HALAMANA�SMPN 3 Tanjung tampak ramai dengan siswa dan orang tua murid. Mereka menghadiri acara yang digelar sekolah pada momen hari pertama masuk sekolah bagi siswa baru. Kehadiran para orang tua siswa baru ini memang sengaja diundang untuk mengenal bagaimana lingkungan sekolah anaknya. Selain orang tua siswa baru beserta anaknya, terlihat juga hadir Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar.

Ada yang menarik dalam kegiatan tersebut yakni seluruh siswa baru melakukan proses sungkeman kepada orang tua yang mengantarnya ke sekolah. “Ini memang inisiatif kita. Kita gelar proses serah terima siswa dari orang tua kepada sekolah sekaligus proses sungkeman siswa kepada orang tua yang menandakan mereka akan memulai pendidikan di sekolah,” ujar Kepala SMPN 3 Tanjung Karmin, kemarin .

Pantauan koran ini, ada rasa tegang di wajah siswa baru ini. Lingkungan sekolah baru menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu pihak sekolah menggelar PLS dengan maksud mengenalkan sekolah kepada siswa baru. Beberapa diantara siswa juga tampak masih menggunakan seragam SD nya. “Sebenarnya hari ini (kemarin) kita akan mulai PLS tetapi kita undur besok (hari ini) agar di hari pertama kita lakukan proses pengenalan dengan melibatkan orang tua siswa,” paparnya.

Karmin menjelaskan, program PLS yang akan dilaksanakan selama tiga hari mulai hari ini hingga Kamis mendatang. “Untuk PLS nanti kita laksanakan sesuai Permen (Peraturan Menteri), kita sudah menyusun materi dan guru-guru yang akan menghandle langsung,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar mengapresiasi kegiatan yang digelar SMPN 3 Tanjung tersebut. “Pertemuan antara sekolah, orang tua dan siswa baru ini sangat menarik. Ini adalah bagian dari masa depan pendidikan anak-anak kita,” ujarnya.

Najmul juga mengingatkan peran guru dan orang tua sangat penting dalam daya kembang anak khususnya di bidang pendidikan. Orang tua di sini tidak hanya menyerahkan anaknya kepada sekolah untuk menempuh pendidikan, tetapi juga tetap memberikan perhatian.

“Tadi pagi saya juga mengantar anak saya sekolah, karena inilah salah satu bentuk perhatian orang tua kepada anaknya. Berbeda rasanya jika anak diantarkan orang lain dalam hal ini asisten kita daripada kita sendiri,” katanya. (Pujo Nugroho/Tanjung/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

 wholesale jerseys