Ketik disini

Metropolis

Peserta MTQ Akan Disambut dengan Selakaran

Bagikan

MATARAM – Kekayaan tradisi NTB akan bisa dinikmati saat pelaksanaan MTQ tingkat nasional XXVI. Salah satunya adalah tradisi selakaran.

Tradisi ini berupa bacaan syair barzanzi yang dilantunkan dengan suara keras dan zikir bersama menyambut pelaksanaan MTQ.

Tradisi ini diharapkan bisa menambah semarak perhelatan event nasional tersebut. Pasalnya, semarak selakaran rencananya akan diikuti ratusan pelajar dan masyarakat umum.

“Saya minta tradisi lokal kita, yakni selakaran itu diangkat ke publik sebagai syiar agama menyongsong pelaksaan MTQ nasional,” kata Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi.

Menurut gubernur, tradisi selakaran yang dikenal lantaran mengumandangkan syair berzanji yang dilantunkan beramai-ramai dengan suara keras harus terus dilestarikan. Apalagi, di dalamnya terkandung nilai-nilai islami yang dapat memperkokoh tali silaturahmi antarumat beragama.

“Kegiatan MTQ itu bermakna gembira. Kita harus semarakkan dengan cara-cara islami melalui selakaran. Sehingga, masyarakat juga ikut merasakan kehadiran MTQ nasional di daerah mereka,” jelasnya.

TGB mengatakan dirinya sudah meminta kesediaan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh agar bisa menggelar kegiatan tersebut. Harapannya, para pelajar se-Kota Mataram terlibat aktif di dalamnya.

Selain itu, pelaksanaannya dimulai pada H-2 atau H-3 sebelum pembukaan MTQ Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

Bahkan, kata TGB, pihaknya telah mengundang Museum Rekor Indonesia (MURI) agar dapat hadir dan merekam kegiatan akbar itu. “Kita ingin kegiatan ini nantinya dapat memecahkan rekor MURI,” katanya.

Tak hanya selakaran, berbagai rangkaian kegiatan lain juga siap menambah semarak kompetisi MTQ. Di arena Expo yang bersebelahan dengan arena utama acara, sudah disiapkan berbagai rangkaian kegiatan dan lomba.

Mulai dari pertunjukkan kasidah dan rebana hingga aneka lomba. Seperti lomba bercerita kisah nabi, lomba adzan, hingga lomba pukul bedug. (uki/r9/r10)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka