Ketik disini

Praya

Bangun Masjid Mandalika, ITDC Gusur Rumah Warga

Bagikan

PRAYA – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), terpaksa melakukan penggusuran pemukiman warga, di Dusun Ketapang Desa Kuta Pujut, Lombok Tengah (Loteng). Itu dilakukan karena lahan yang ditempati 33 kepala keluarga (KK) tersebut, akan dibangun masjid.

“Alhamdulllah, semua berjalan lancar dan aman, tidak ada masalah,” kata Direktur Pengembangan ITDC Edwin Darmasetiawan, kemarin (28/7) di kantor RMI di Praya.

Luas lahan untuk pembangunan masjid di kawasan Mandalika Resort tersebut, kata Edwin awalnya 25 are, namun ditambah menjadi 5 hektare (ha). Anggaran pembangunannya, murni dari ITDC sebesar Rp 25 miliar.

“Kita berharap, peletakan batu pertama akan dilaksanakan Presiden Joko Widodo,” katanya.

Program itu, lanjutnya bertepatan dengan kunjungan Presiden, dalam pembukaan MTQ tingkat nasional di Mataram.

Peletakan batu pertama masjid, diakui Edwin menjadi cikal bakal dimulainya pelaksanaan pembangunan investasi di kawasan ekonomi khusus (KEK) tersebut. Salah satunya, pembangunan Hotel Pullman.

Peletakan batu pertama hotel tersebut,  menurut rencana dilaksanakan pada Oktober mendatang.

“Apa yang kami lakukan ini, sebagai pemancing saja. Alhamdulillah, investor mulai berdatangan,” katanya.

Terbukti, tambah Edwin salah satu pengusaha sukses Indonesia, yaitu keluarga Tomy Winata, akan menjadi investor yang membangun sarana dan prasarana perhotelan.

Ditambah dua investor asing asal Korea Selatan (Korsel) dan satu dari USA, mereka akan membangun Hotel Royal Tulip dan Hotel Marriott.

“Kami merasa, warga di lingkar Mandalika Resort sangat mendukung. Buktinya, proses penggusuran 33 KK di lahan pembangunan masjid, berjalan lancar dan aman,” katanya. Terhadap mereka yang terkena dampak itu, kata Edwin ITDC akan memberi bantuan sosial kemasyarakatan, secara bergiliran.

“Saya percaya dengan Dandim 1620/Loteng, mampu mengatasi berbagai permasalahan ditengah masyarakat,” sambung Danrem 162/WB Kolonel Inf. Farid Makruf.

Untuk itulah, pihaknya meminta agar Kodim mengawal suksesnya pembangunan Mandalika Resort. Dengan cara, turun langsung menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).(dss/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka