Ketik disini

Tanjung

Dua Desa Belum Cairkan Tahap I

Bagikan

TANJUNGA�– Belum seluruh desa di Lombok Utara merampungkan proses pencairan dana desa (DD) tahap I. “Ada dua desa yang belum. Desa. Sambik Bangkol dan Sesait,” ungkap Plt Kepala BPM PP KB Pemdes Lombok Utara Herianto, kemarin (28/7).

Dijelaskan, ada beberapa persoalan sehingga dua desa ini masih belum cair. Salah satunya masalah hukum yang menyeret Kades Sambik Bangkol. Sehingga perlu waktu bagi Plt kades untuk menindaklanjuti pekerjaan tersebut.

Sementara untuk Desa Sesait, kendalanya adalah SPJ tahun sebelumnya. Terdapat silpa sebesar Rp 100 juta dari tahun sebelumnya maka harus terdapat kesepakatan melalui musyawarah desa untuk dicantumkan ke dalam proposal sebelum dikembalikan ke rekening desa.

“Di Sesait anggarannya mau diberikan ke BUMDes, tetapi karena BUMDes tidak aktif maka harus dikembalikan kas desa,” terangnya.

Herianto tak menampik jika proses pencairan anggaran dua desa ini terlambat. Pasalnya, secara aturan proses pencairan tahap I harus selesai pada akhir bulan ini. Oleh karenanya, desa diminta agar segera menyeleseikan persoalan tersebut. Terlebih, saat ini sudah ada beberapa desa yang mengajukan proposal pencairan anggaran tahap II.

“Kemarin pusat sudah minta laporan, dan dalam laporan itu kita cantumkan dua desa ini belum selesai tahap I,” tandasnya.

Untuk menggenjot dua desa ini, Herianto mengaku sudah turun bersama Inspektorat melakukan pembinaan. Lebih lanjut, Herianto mengatakan 10 desa telah mengajukan proposal tahap II. Desa yang mengajukan proposal itu juga mesti disertai dengan SPJ penggunaan anggaran tahap pertama.

“Kita verifikasi dulu baru kita ajukan ke DPPKAD dan selanjutnya diverifikasi lagi disana,” pungkasnya. (puj/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka