Ketik disini

Opini

Muri untuk MTQ Terasa

Bagikan

TINGGINYA animo masyarakat NTB untuk menyambut perhelatan MTQ tingkat nasional ke 26 terlihat di sepanjang Jalan Pejanggik, tepatnya di muka Lapangan Sangkareang. Kegiatan menyanyikan mars MTQ dan berzanji yang digelar sebagai rangakian dari even nasional tersebut dibanjiri oleh puluhan ribu peserta. Dua rekor pada Museum Rekor Indonesia (MURI) pun berhasil dipecahkan dalam satu hari. Pemecahan rekor Muri itu diawali dengan menyanyikan Mars MTQ yang dipusatkan di Lapangan Sangkareang. Kegiatan itu diikuti oleh setidaknya 93.000 pelajar tingkat SD/SMP dan SMA se-Kota Mataram secara bersama-sama. Ribuan pelajar tersebut tercatat oleh Muri sebagai peserta terbanyak menyanyikan lagu secara bersama-sama setelah sebelumnya pada tahun 2011 dipecahkan oleh Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dengan jumlah peserta sebanyak 87.000 orang.

Berikutnya masyarakat NTB kembali tumpah ruah di lokasi yang sama untuk mengikuti tradisi “selakaran”. Tradisi ini dilakukan dengan membaca syair barzanji yang dilantunkan ramai-ramai dengan suara yang keras. Berzanji diikuti dengan zikir bersama menyambut pelaksanaan MTQ Nasional ke-26 yang akan resmi dibuka pada 30 Juli mendatang oleh Presiden Joko Widodo.

Pantauan Lombok Post, animo masyarakat untuk berzanji sangat tinggi. Sepanjang jalan, mulai dari perempatan Bank Indonesia (BI) hingga muka kantor Wali Kota Mataram dipadati oleh lautan manusia yang duduk bersila di sepanjang jalan. Semua peserta tampak kompak mengenakan setelah baju koko serba putih.

Berzanji sendiri memang dihelat berdasarkan instruksi khusus oleh Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi. TGB mengharapkan semarak berzanji bisa menambah kemeriahan MTQ nasional. Apalagi, dalam syair barzanji terkandung nilai-nilai islami yang dapat memperkokoh tali silaturahmi antar umat beragama.

Berzanji pun berujung sukses sebagaimana lantunan mars MTQ nasional. Kegiatan itu juga sukses tercatat dalam rekor Muri. Sehingga, dalam satu hari tersebut masyarakat NTB mencetak sejarah dengan memboyong dua rekor Muri sekaligus.

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

 wholesale jerseys