Ketik disini

Headline Tanjung

Wabup Sarifudin Memang Top!

Bagikan

TANJUNG – Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin meminta seluruh puskesmas meningkatkan pelayanan. Pasalnya, wabup sering mendapatkan keluhan dari masyakarat terkait pelayanan di Puskesmas Kayangan.

”Tadi saya sudah sidak ke sana. Saya ingin lihat kedisilpinan dan pelayanan,” ujarnya pada wartawan usai sidak, kemarin (28/7).

Dijelaskan, dia mendapat keluhan dari salah seorang warga yang tidak mendapat pelayanan maksimal di sana. Sebelumnya, ada seorang ibu warga Desa Dangiang yang diindikasikan menerima diagnosa yang salah.

”Kejadian ini sekitar dua hari lalu. Ibu ini hamil selama 10 bulan lebih. Tetapi saat melahirkan bayinya sudah meninggal karena keracunan air ketuban,” ungkapnya.

Sarifudin sangat menyesalkan peristiwa ini. Seharusnya puskesmas berani mengambil tindakan saat ibu ini sudah melebihi batas waktu melahirkan. Dari bidan yang menangani selalu mengatakan belum waktunya melahirkan, tetapi kenyataannya bayi malah meninggal keracunan setelah operasi.

”Kenapa tidak segera dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat penanganan misalnya operasi jauh-jauh hari. Jangan saat kritis baru dirujuk,” tandasnya.

Menurut Sarifudin, ibu tersebut memang sempat dirujuk ke rumah sakit untuk melahirkan secara operasi. Tetapi setelah melahirkan bayinya meninggal karena keracunan.

”Saya dengar pelayanan seperti ini merata di sini. Ini harus diperbaiki, menempatkan personel harus yang punya pengalaman terutama bidan yang menangani masalah kelahiran,” katanya.

Kedepannya, Sarif mengingatkan Dinas Kesehatan dalam menempatkan orang tidak asal-asalan. ”Yang tidak kompeten ditempatkan di tempat lain dulu. Kita akan evaluasi,” katanya.

Lebih lanjut, Sarifudin mengatakan dengan perisitiwa ini, pemkab akan memberikan teguran. Khususnya kepada pimpinan instansi yang dinilai lalai. (puj/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka