Ketik disini

Headline Selong

Kasus SDN 7 Terara, Kejaksaan Jangan Sampai Masuk Angin

Bagikan

SELONG – Kejaksaan Negeri Selong, Lombok Timur (Lotim) diminta bekerja cepat dan profesional menangani kasus dugaan penyimpangan anggaran pembangunan  SDN 7 Terara. Penanganan kasus dugaan korupsi itu hingga kini memang belum menunjukkan perkembangan signifikan. ”Tentu kalau mulai melambat, harus dipercepat prosesnya,” kata Ketua Komisi II DPRD Lombok Timur (Lotim) HL Hasan Rahman, kemarin (29/7).

Menurutnya kasus yang menarik atensi masyarakat seperti SDN 7 Terara memang pantas mendapat proiritas penanganan tanpa mengesampingkan kasus lain. Dalam kesempatan itu ia meneruskan harapan masyarakat melalui dirinya agar penegak hukum tak sampai “masuk angin” (disusupi kepentngan tertentu, red)  dalam mengusut kasus tersebut. ”Kita dukung kejaksaan menunjukkan kapasitasnya,” serunya.

Terpisah Inspektur Inspektorat Lotim Haris mengatakan pihaknya juga akan masuk dalam kasus itu. kendati sudah berada di tangan kejaksaan sebagai penegak hukum, bukan berarti inspektorat tak bisa menindaklanjuti masalah itu.

”Dalam sisi yang berbeda, kami juga punya tugas dan kewenangan di sana,” katanya.

Hingga kini memang belum dijadwalkan kapan dilakukan pemeriksaan. Nantinya pemeriksaan beriringan itu memungkinkan terjadinya check and balance antara kedua pihak. Jika ada temuan dari inspektorat terkait kerugian negara, tentu tetap harus dilakukan pengembalian.

”Itu untuk menyelamatkan uang negara,” jelasnya.

Namun demikian, hal itu tak serta merta menghapus tindak kejahatan yang dilakukan. Pengembalian kerugian negara yang dilakukan adalah kewajiban siapaun yang dinyatakan bersalah. ”Nanti pengembalian itu sebatas jadi pertimbangan hakin saja,” pungkasnya. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka