Ketik disini

Metropolis

Selama MTQ, BPBD Bagikan 500 Porsi Nasi Gratis Setiap Hari

Bagikan

MATARAM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB turut menopang suksesnya MTQ Nasional ke-26. BPBD NTB akan menyiapkan sedikitnya 500 porsi makanan gratis tiap hari sepanjang event akbar tersebut.

Kepala BPBD NTB H Muhammad Rum kepada Lombok Post di kantornya kemarin mengatakan, sebanyak 250 porsi makanan akan dibagikan saat jam makan siang. Sementara jumlah yang sama akan dibagikan saat makan malam.

“Kami mengerahkan tim BPPD dan membuka dapur umum di arena MTQ,” kata Rum.

Dapur umum itu dibuka di Posko Siaga Bencana yang didirikan BPPD di Gedung Wanita di Jalan Udayana, Kota Matram yang bersisian dengan venue utama MTQ Nasional.

Makanan gratis itu dapat diakses oleh masyarakat yang pada saat yang sama tengah berada di arena MTQ Nasional. Selain itu juga untuk petugas kebersihan yang selalu stand by selama event berlangsung, juga petugas keamanan dan juru parkir yang bertanggung jawab atas keamanan kendaraan warga di arena MTQ.

Sebetulnya kata Rum, pembagian porsi makanan gratis itu telah dimulai pada pekan ini. Namun, akan mulai masif pada hari pertama MTQ hari ini.

Dikatakan, pendirian posko bencana di arena MTQ bagian dari kesiapsiagaan BPBD NTB mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Itu sebabnya di sana juga stand by tenaga medis kerja sama BPBD NTB dengan PMI dan juga ambuans.

Selain itu, aksi BPPD NTB yang mengerahkan peralatan siaga bencana yang dimiliki pada MTQ ini sebagai bagian dari simulasi penanganan tanggap darurat. Terutama dalam hal fungsi dan layanan dapur umum.

“Dengan cara ini, kita akan mengetahui seberapa responsif para petugas kami, dan sebera siap peralatan yang kami miliki,” kata Rum.

Mantan Kepala Biro Kerja Sama Sumber Daya Alam Pemprov NTB ini mengungkapkan, sejumlah donatur telah berkomitmen untuk ikut ambil bagian dalam aksi berbagi makanan gratis tersebut.

Makanan akan tersaji dalam nasi bungkus dengan lauk antara lain sayur oseng-oseng, tahu, tempe, ikan sarden dan sejumlah menu lain yang bervariasi tiap hari.

“Menu yang kami siapkan setara dengan nasi bungkus seharga Rp 20.000. Makanannya fresh dimasak saat makan siang dan makan malam,” kata Rum.

Selain menyiapkan menu makan gratis, di Posko Bencana tersebut BPBD NTB juga menyiapkan fasilitas lain. Antara lain fasilitas air siap minum. BPPD langsung memproses air siap minum tersebut dengan mengerahkan peralatan water treatment yang mereka miliki.

Air minum hasil dari water treatment ini kata Rum setara dengan air minum dalam kemasan yang telah diperkaya dengan kandungan oksigen. Air tersebut juga gratis bagi warga.

Fasilitas lainnnya adalah toilet portabel dan juga tenda Musala untuk salat lima waktu. Disiapkan pula tempat wudhu untuk para pengunjung arena MTQ. “Jadi pengunjung yang hendak menunaikan ibadah salat bisa di sini,” katanya. (kus/r10)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka