Ketik disini

Bima - Dompu

Anggota Kritik Ketua Komisi

Bagikan

BIMA – Komisi II DPRD Kabupaten Bima dinilai tidak peka. Khususnya menyikapi masalah pada penyaluran bantuan pertanian. Padahal, penyaluran alat pertanian terindikasi bermasalah.

Ada dugaan bantuan itu diterima oknum ASN maupun Kaur desa. Sorotan itu diungkapkan anggota Komisi II DPRD Muhammad Aminurlah. Karena hingga saat ini belum terlihat upaya komisi untuk mengklarifikasi persoalan tersebut.

”Sejauh ini belum ada rapat internal komisi membahas persoalan itu. Padahal, masalah bantuan pertanian itu telah mencuat ke permukaan,’’ sorot Aminurlah, kemarin (8/8).

Menurutnya, komisi dewan tidak menunggu laporan resmi dari masyarakat untuk bereaksi. Begitu masalah bantuan pertanian itu mencuat melalui pemberitaan media, seharusnya sudah disikapi.

”Ketua Komisi II harus segera menggelar  rapat koordinasi di tingkat komisi untuk menyikapinya,’’ desak anggota dewan asal Sape ini.

Karena, katanya, salah satu tugas lembaga dewan yakni mengawasi kinerja dan kebijakan eksekutif. Jangan sampai kebijakan itu merugikan masyarakat.

”Ini tugas kita sebagai wakil rakyat,” tandasnya.

Ia meminta, Ketua Komisi II segera melakukan rapat internal komisi. Menyatukan persepsi untuk menelusuri penyaluran bantuan koptan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bima.

”Kita harus segera pastikan bantuan itu tepat sasaran atau tidak,” katanya.

Termasuk mengagendakan memanggil sejumlah pihak terkait. Seperti, Dinas Pertanian, UPT Pertanian kecamatan, BP4K, dan sejumlah koptan penerima bantuan.

”Terutama koptan yang diduga fiktif,” terangnya.

Jika ditemukan ada indikasi penyimpangan, dewan berkewajiban merekomendasikan persoalan itu ke ranah hukum. ”Jangan sampai ada pembiaran,’’ tandasnya. (mch/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka