Ketik disini

Giri Menang

Nelayan Desa Meninting Datangi Kantor DKP

Bagikan

GIRI MENANG – Belasan nelayan Desa Meninting, Kecamatan Batu Layar mendatangi kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lobar, kemarin (8/8). Mereka datang melayangkan protes atas dugaan penyelewengan bantuan untuk nelayan.

Koordinator para nelayan, Rusman menuding jika pembagian bantuan nelayan di Meninting tidak merata. Sebab kelompok penerima bantuan dinilai tidak layak lagi menerima.

Alasannya, kelompok tersebut merupakan kelompok yang sama dalam kurun waktu lima tahun terakhir. “Sementara masih ada kelompok nelayan lain yang lebih berhak menerima,” jelasnya.

Adapun kelompok nelayan yang ia maksud, yakni kelompok Maju Bersama, kelompok Karang Berkembang Biasa, kelompok Bales Budi Dusun Kongok, dan kelompok Dusun Palempat.

Keempat kelompok ini selalu menerima bantuan setiap tahun dari DKP. “Padhal mereka tidak gunakan bantuan tersebut. Bahkan bantuan perahu pun kini mangkrak. Beberapa bantuan lainnya juga disembunyikan,” tudingnya.

Mewakili nelayan lainnya, ia ingin ada pemerataan bantuan. Setiap nelayan mendapatkan bantuan, meskipun nominalnya kecil. “Ini kayak apa yah? Kayak dibuat usaha,” sindirnya.

Menanggapi hal ini, Kepala DKP Subandi menampik adanya dugaan penyelewengan bantuan nelayan. Menurutnya, Desa Meninting sudah memiliki Village Work Group (VWG) yang menyeleksi para nelayan yang akan menerima bantuan.

VWG sendiri merupakan petugas yang dibentuk langsung oleh desa. “VWG ini yang mencari calon penerima bantuan tersebut. Yah kita percayakan pada VWG,” tutur Subandi.

Dikatakan, VWG ini yang mendata nelayan. “Protes terjadi akibat konflik di internal desa. Nelayan yang protes ini kurang berkomunikasi dengan VWG, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya.

Subandi berencana akan mengadakan pertemuan lanjutan bersama kepala desa, VWG dan kelompok nelayan Meninting, Senin depan. Ia ingin mendengarkan seluruh permasalahan nelayan, serta mencari solusi masalah tersebut. (fer/r6)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka