Ketik disini

Selong

Sementara Warga Lombok Timur Tak Bisa Bikin KTP

Bagikan

SELONG – Janji pemerintah pusat mengirimkan  blangko pembuatan KTP tambahan untuk Lombok Timur (Lotim) hingga kini tak terrealisasi. Padahal pemberian blangko itu sudah diinformasikan jauh hari. ”Kalau tidak Juli ya Agustus,” kata Kadis Dukcapil Lotim Sateriadi, kemarin (7/8).

Karena tak kunjung mendapat blangko, pihaknya mengaku telah menyusul langsung ke Jakarta. Di sana diperoleh jawaban kalau blangko belum bisa diberikan pada bulan ini.  Bahkan September yang akan datangpun, pusat tak menjamin. Kendala teknis dan administrastif ditengarai menjadi penyebab. ”Dia bilang mudah-mudahan, tapi tak ada jaminan,” jelasnya.

Kini kondisi di Dinas Dukcapil benar-benar sudah kehabisan blangko. Dipastikan tak ada lagi pencetakan KTP yang bisa dilakukan. Solusinya hanya dengan surat pengantar sementara pengganti KTP. Surat itu sebelumnya telah disosialisasikan pada seluruh pihak di Lotim. Sehingga jika ada warga yang menunjukkannya untuk keperluan tertentu, tak boleh ditolak. Seperti urusan dengan bank, desa dan kecamatan, hingga keperluan pendidikan.

Pria yang juga menjabat PLt Kadis Pekerjaan Umum Lotim itu berharap surat pengantar itu bisa diterima di seluruh Indonesia. Terlebih sudah ada teguran pusat pada daerah yang melakukan razia pada pihak yang tak bisa menunjukkan KTP namun memiliki surat pengantar.

”Itu satu-satunya solusi saat ini,” jawabnya.

Pantauan  koran ini pengurusandata kependudukan di Dinas Dukcapil Lotim cukup tinggi. Ratusan orang terus berdatangan setiap harinya. Sebagian besar untuk keperluan KTP, lalu menyusul Kartu Keluarga dan surat lainnya. ”Saya sudah beberapa kali datang, belum ada katanya, diberikan surat ini,” kata Masitah, seorang warga menunjukkan surat pengantar engganti KTP sementara. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka