Ketik disini

Metropolis

Waspada, Ada Kartu BPJS Palsu

Bagikan

MATARAM – Ditemukannya kartu BPJS palsu di beberapa daerah membuat Pemkot Mataram waspada. Meski belum ditemukan adanya kartu palsu, tapi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Mataram sudah mengerahkan pekerja sosial untuk mengecek kondisi di lapangan.

”Kita minta mereka mengkorscek ke lapangan. Ke lingkungan-lingkungan,” kata Kepala Disosnakertrans Kota mataram H Ahsanul Khalik, kemarin (8/8).

Khalik mengatakan, potensi beredarnya BPJS palsu di Kota Mataram pasti ada. Sebab percetakan di Kota Mataram banyak. Oknum yang ingin berbuat curang bisa dengan mudah mencetak kartu serupa. Apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini, kartu apapun gampang ditiru.

”Sangat mungkin, apa saja bisa dipalsukan sekarang,” ujarnya.

Meski demikian, Khalik memastikan hasil penelusuran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sejauh ini belum menemukan kartu BPJS palsu.

Untuk itu warga tidak perlu resah, tapi tetap hati-hati dalam membuat kartu. Ia menyarankan tidak membuat kartu melalui oknum atau calo.

Khususnya BPJS mandiri, warga bisa langsung datang ke kantor BPJS agar terjamin aman.

Menurutnya, kasus kartu BPJS palsu terjadi karena pelaku memanfaatkan masyarakat yang ingin menggunakan jalan pintas. Akhirnya celah ini dimanfaatkan para calo untuk meraup untung.

Oknum calo biasa berkedok untuk memfasilitasi dan memudahkan warga, tapi malah merugikan warga. ”Jangan lewat calo,” sarannya.

Disosnakertrans juga sudah berkoordinasi dengan pihak BPJS untuk hal ini. Ia menyebutkan, jumlah Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK) yang ditanggung pemerintah sebanyak 200 ribu orang dari 238 ribu lebih kuota yang dimiliki.

”Kita masih punya jatah 38 ribu orang yang belum menggunakan kartunya,” ujar Khalik. (ili/r6)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka