Ketik disini

Metropolis

Ajaib, Plat Randis Pejabat Ini Sama

Bagikan

MATARAM – Dua kendaraan dinas (Randis) pejabat Pemkot Mataram menggunakan plat sama. Yakni mobil suzuki yang digunakan Kepala Diskoperidang Mataram H Wartan dan Honda Mobilio yang biasa dikendarai Asisten III Setda Kota Mataram Hj Evi Ganevia.

Dua kendaraan ini memiliki plat merah yang sama yakni DR 13 AK. Bedanya hanya pada masa pajak kendaraan.

Mobil suzuki pajaknya sudah mati per bulan Mei 2015, sementara randis Honda Mobilio pajaknya masih sampai bulan Oktober 2019.

Terkait hal ini, belum ada pejabat mau memberikan keterangan. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Yance Hendradira hingga sore kemarin belum bisa memberikan keterangan pasti.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram Misban Ratmaji mengatakan, masalah pajak sudah jelas diatur dalam undang-undang. Besar pajak dan waktu pembayaran sudah ditentukan. Dibayar setahun sekali.

Mestinya SKPD pemegang kendaraan menganggarkan untuk pajak dengan baik, sesuai jumlah kendaraan dan nominal pajaknya. “Pemerintah mestinya memberi contoh untuk bayar pajak tepat waktu,” kata politisi PKPI ini.

Jangan sampai kendaraan dinas nunggak pajaknya bertahun-tahun. Hal ini bisa memberikan dampak negatif di tengah masyarakat.

Masyarakat mendapat contoh tidak baik dari aparatur sipil. Apapun jenis pajaknya, semua orang punya hak dan kewajiban yang sama dalam pembayaran pajak. ”Apakah dia pemerintah atau rakyat biasa,” ujarnya.

Masalah penggunaan kendaraan, pencatatan administrasi dan pemeliharaan kendaraan diharapkan masing-masing SKPD melakukan secara akurat. Mana kendaraan yang dibeli SKPD, maupun kendaraan yang dikirimkan dari pemerintah pusat. Dalam hal ini biaya pemeliharaan pasti akan ada.

Untuk itu, disamping merawat secara pribadi, pemerintah juga harus tetap menganggarkan biaya pemeliharaan. ”Jangan sampai dibiarkan apa adanya,” harap Misban. (ili/r6)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka