Ketik disini

Bima - Dompu

Guru SD Divonis 5 Tahun

Bagikan

BIMA – Salah seorang guru SD di Kecamatan Bolo Rusdi harus tinggal di hotel prodeo. Ia terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana rehabilitas sekolah di Langgudu.

Hakim Pengadilan Tipikor Mataram menjatuhkan vonis 5 tahun penjara. Hukuman itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang meminta terpidana divonis  8 tahun penjara.

Kasiintelijen Kejari Bima Lalu M Rasydi menjelaskan, terdakwa Rusdi terbukti bersalah. Hakim menjatuhkan pidana penjara selama 5 tahun.

”Rusdi sudah divonis,” katanya, kemarin (9/8).

Terdakwa juga dibebankan untuk membayar denda Rp 200 juta subsidair tiga bulan penjara. Hakim juga mengharuskan Rusdi membayar uang pengganti Rp 417,7 juta subsidair 1 tahun penjara.

Terhadap putusan hakim tersebut, JPU masih pikir-pikir. Begitu juga dengan Rusdi. Mereka sama-sama belum mengajukan banding.

”Biasanya keberatan atas putusan akan disampaikan dengan mengajukan banding. Kami JPU masih mempelajari putusan ini,” jelasnya.

Perbuatan Rusdi ini merugikan negara Rp 400 juta. Dari masing-masing sekolah, Rusdi mengambil fee sebesar 35 persen. Itu terungkap dalam fakta persidangan. Selain itu, tuduhan itu diperkuat keterangan empat orang saksi kepala sekolah yang lebih dulu divonis.

Rusdi sempat membantah terlibat dalam kasus ini. Ia juga berkelit tidak pernah menerima uang dari empat kepala sekolah. (yet/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka