Ketik disini

Metropolis

Tahun Ini, Kuallitas Tembakau Diprediksi Menurun

Bagikan

MATARAM – Cuaca saat ini kurang bersahabat dengan petani tembakau. Akibat fenomena La Nina, mereka mengeluhkan kualitas tembakaunya menurun. Petani pun dibayangi kerugian besar akibat harga jual yang terancam menurun.

“Petani banyak mengeluhkan hasil panen mereka kualitasnya menurun tahun ini. Cuaca memang sedang cenderung basah dan tidak pas bagi para petani tembakau,” kata anggota Komisi II DPRD NTB Burhanuddin, kemarin (9/8).

Petani tembakau di Lombok Timur melaporkan, kualitas tembakau yang mereka hasilkan jauh dari harapan. Mereka mulai khawatir perusahaan yang menjadi mitra enggan menerima hasil panennya atau tembakau dibeli dengan harga rendah. Ia menyebutkan saat ini ada laporan kematian tanaman tembakau di sejumlah daerah.

“Mereka juga mengeluhkan ada yang gagal panen akibat perubahan iklim tersebut,” lanjut Burhanuddin.

Ia mengingatkan SKPD terkait agar aktif mendampingi petani tembakau. Pemerintah harus memfasilitasi penjualan hasil tembakau kepada perusahaan sebagai mitra. Sehingga, petani tembakau tidak sampai mengalami kerugian besar.

“Pemerintah harus lebih intensif memantau gejolak harga tembakau saat ini,” kata politisi PBB tersebut.

Diketahui, fenomena La Nina memang menyebabkan musim basah siklusnya jadi panjang. Kondisi ini tidak baik bagi kualitas tanaman tembakau.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Kelas 1 Kediri-Mataram Wakodim juga menjelaskan hal serupa. Jika El Nino merupakan fenomena menghangatnya suhu muka laut di Samudera Pasifik area khatulistiwa yang memicu penurunan curah hujan di wilayah Indonesia dan membuat kemarau panjang dan musim hujan terganggu. Berkebalikan dengan El Nino, La Nina adalah fenomena mendinginnya suhu muka laut di Samudera Pasifik area khatulistiwa, yang mendorong bertambahnya suplai uap air bagi Indonesia.

“Petani tembakau yang perlu khawatir karena tembakau butuh kejelasan kapan kemarau dan hujan,” papar Wakodim. (uki/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka