Ketik disini

Metropolis

Harga Daging Ayam Meroket

Bagikan

MATARAM – Harga daging ayam di Kota Mataram meroket. Kenaikan kali ini tergolong cukup tinggi yakni dari Rp 30 ribu menjadi Rp 45 ribu per kilogram (kg). Hal ini diikuti dengan harga daging sapi yang masih mahal di kisaran Rp 120 ribu per kg.

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Mataram H Mutawalli mengatakan, kenaikkan harga terjadi sejak seminggu terakhir. Penyebabnya berkurangnya stok ayam potong yang masuk ke Mataram. Sementara kebutuhan daging ayam sedang meningkat memasuki musim haji.

“Ini yang membuat harga ayam potong naik,” katanya.

Kebutuhan daging ayam pada hari normal di Kota Mataram mencapai 17 ton per hari. Tapi saat ini hanya tersedia 14 ton setiap harinya. Ayam-ayam ini didatangkan dari Lombok Timur dan Lombok Tengah. Sementara suplai dari Kota Mataram sangat sedikit, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk mengatasi masalah ini, Dinas OKP sudah menurunkan tim dan memanggil para distributor dan peternak. Menggali berbagai persoalan dan penyebab berkurangnya stok ayam potong. Ditemukan bahwa, stok ayam berkurang disebabkan pengiriman DOC atau bibit ayam dari Pulau Jawa berkurang.

“Sekarang kita pendekatan kepada para suplier kita minta agar bisa mengirim banyak,” ujarnya. (ili/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka