Ketik disini

Metropolis

Awasi Siswa dari Penyalahgunaan Internet

Bagikan

MATARAMA�– Internet sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari para pelajar. Hal ini mendapat perhatian Dishubkominfo Kota Mataram. Mengingat dampak negatif dari internet, Dishubkominfo Kota Mataram mengingatkan para guru dan orang tua untuk lebih mengawasi anak-anak mereka.

“Meski internet banyak memiliki manfaat positif, tapi banyak kasus kejahatan yang saat ini dipicu karena internet,” kata Kabid Kominfo Dishubkominfo Kota Mataram, Lalu Suryajagat.

Mulai dari penipuan, kejahatan seksual hingga yang lainnya marak dilakukan melalui internet. Tak jarang juga kini anak-anak sudah mulai kecanduan konten negatif yang ada di dalam internet. Misalnya seperti hal yang berbau pornografi hingga game online yang kurang mendidik.

“Untuk itu kita harapkan pihak sekolah lebih memberi perhatian lebih kepada para pelajar terkait penggunaan internet ini. Orang tua juga jangan sampai lengah dan membiarkan anak menggunakan internet tanpa pengawasan,” pintanya saat menggelar sosialisasi internet sehat Sabtu (13/8) lalu. Kegiatan ini menghadirkan pakar ilmu komuniasi dari Unram, sosialisasi digelar di SMPN 6 Mataram.

Menurutnya upaya sosialisasi untuk menggunakan internet secara sehat harus terus dilakukan. Mengingat, dari hari ke hari pelajar saat ini sudah tak bisa dipisahkan dari internet.

Saat ini, di Mataram dijelaskannya pelajar yang menggunakan internet bukan hanya kalangan remaja. Mulai dari pelajar SD dikatakannya bahkan sudah mulai kecanduan internet. Misalnya untuk keperluan bermain game online hingga mengunduh aplikasi game. Dengan kondisi ini, kehadiran internet bisa sangat rentan disalahgunakan.

“Karena internet itu tak terbatas. Kita buka satu konten, maka konten lain dengan sendirinya akan tersedia. Itu tak jarang banyak konten negatif yang numpang di konten positif,” lanjutnya.

Sehingga, di usia pelajar yang penuh akan rasa penasaran penting untuk diarahkan. Di sinilah menurut peran sekolah untuk terus membina siswa. Termasuk dalam penggunaan internet ini.

“Kita harapkan pihak sekolah bisa mengedukasi. Selain tentunya peran orang tua yang sangat menentukan melakukan pengawasan terhadap anak-anak mereka,” kata dia.

Kepala SMPN 6 Mataram Lalu Marwan menjelaskan, di sekolahnya penggunaan internet sudah sesuai semestinya. Para siswa diklaimnya sudah menggunakan internet untuk mengakses hal-hal yang positif.

“Di sini mereka menggunakan internet untuk belajar,” kata Marwan.

Ia mengatakan, tidak sembarang siswa bisa mengakses internet di SMPN 6 Mataram. Mulai dari fasilitas yang ada di laboratorium komputer maupun fasilitas wifinya.

“Karena kami juga tidak mengizinkan siswa membawa HP ke sekolah,” ujarnya. (ton/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka