Ketik disini

Ekonomi Bisnis

150 Koperasi Bakal Jadi Koperasi Syariah

Bagikan

MATARAM – Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) NTB gencar membentuk koperasi syariah untuk memenuhi target 500 koperasi syariah periode 2013-2018.

Salah satu upaya yang dilakukan, menyiapkan dana untuk perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Serta biaya akta notaris bagi koperasi konvensional yang beralih menjadi koperasi syariah.

Kepala Bidang Fasilitasi Pembiayaan Permodalan Simpan Pinjam (FPPSP) Dinas Koperasi UMKM NTB Muhammad Imron menyebut, untuk memperbanyak jumlah koperasi syariah, pihaknya telah mengajukan anggaran dalam pembahasan APBD Perubahan.

“Kami mengusulkan anggaran untuk konversi koperasi konvensional menjadi koperasi syariah sebanyak 150 koperasi,” katanya, Rabu (17/8).

Menurut Imron, pembentukan koperasi syariah merupakan salah satu upaya memasyarakatkan keuangan syariah.

Apalagi NTB mayoritas berpenduduk muslim, sehingga keberadaan keuangan syariah di tengah masyarakat menjadi sangat penting.

Karena itu dengan memperbanyak lembaga koperasi syariah, maka sistem keuangan syariah menjadi lebih membumi.

Salah satu cara untuk memperluas keuangan syariah adalah dengan membangun koperasi syariah yang berkualitas.

Tahun ini, Diskop dan UMKM NTB mendorong koperasi konvensional menjadi koperasi syariah.

Pihaknya telah menyiapkan biaya perubahan AD/ART dan perubahan akte notaris bagi 150 koperasi di NTB yang mau beralih menjadi syariah.

“Rencananya setiap koperasi yang mau beralih ke syariah itu disiapkan dana Rp 2 juta untuk merubah badan hukum dan AD/ART di notaris,” tandasnya. (ewi/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka