Ketik disini

Giri Menang

Sampah Kawasan Wisata Bikin Malu

Bagikan

GIRI MENANG – Penanganan keamanan dan sampah merupakan hal terpenting dalam pengembangan pariwisata. Jika dua hal itu dicuekin, jangan pernah bermimpi sektor pariwisata bisa berkembang.

Hal itu diungkapkan TGH Hasanain Juaini, salah satu tokoh agama, tokoh masyarakat sekaligus pemerhati lingkungan di Lombok Barat (Lobar).

Dikatakan, soal keamanan dan penanganan sampah sangat penting untuk memajukan pariwisata Lobar. “Pemda harus benar-benar memperhatikan hal ini,” tegasnya.

Ia menuturkan, pariwisata identik dengan keindahan dan kebersihan. Keindahan dan kebersihan tersebut mencerminkan budaya suatu bangsa.

Sebagai daerah yang berbudaya dalam mengembangkan pariwisata, Lobar sudah selayaknya menonjolkan identitas diri. “Karena itu dalam membawa misi pariwisata, saya ingin lebih dahulu memberdayakan masyarakat yang berbudaya dalam pengelolaan sampah,” jelasnya.

Menurut TGH Hasanain, Lobar memiliki banyak destinasi wisata unggulan. Sangat disayangkan jika destinasi tersebut ditinggalkan wisatawan hanya gara-gara sampah.

“Volume sampah semakin meningkat setiap harinya. Ini harus benar-benar dipikirkan solusinya,” pesannya.

“Jika sampah bisa teratasi dan keamanan wisatawan terjamin, maka Pemkab Lobar bisa panen uang dari pariwisata,” pungkasnya. (fer/r6)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka