Ketik disini

Headline Kriminal

Awas, Jangan Tertipu KPK Palsu

Bagikan

MATARAM – Polda NTB menyelidiki adanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kerap mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di NTB.

“Kita akan tetap selidiki. Jika ada orang yang merasa dirugikan dengan keberadaan mereka,” kata Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono kepada Lombok Post saat ditemui sore kemarin  (19/8).

Umar menjelaskan, yang akan diselidiki nantinya terkait dengan izin LSM. Apakah memang memiliki izin dalam beroperasi atau tidak. “Siapa yang memberikan izin apakah Kemenkumham atau langsung dari KPK,” ungkapnya.

Jika memang izin yang dimiliki LSM tersebut tidak ada. Tentu dapat dibubarkan oleh instansi terkait.

Tak hanya itu lanjut Umar, jika nantinya ada laporan ataupun pengaduan terkait dengan tindak pidana  yang dilakukan LSM tersebut pihaknya siap memproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Terkadang kan mereka melakukan penipuan dengan mengatasnamakan KPK. Itu yang berbahaya. Dan patut dihukum,” tegasnya.

Sementara itu, jika memang LSM tersebut  memiliki track record yang baik untuk menampung aspirasi masyarakat. Itu sama sekali tidak ada masalah.

“Kita tidak akan memberikan tindakan hukum jika memang mereka berdiri mengatasnamakan KPK untuk menyuarakan aspirasi rakyat,” ungkapnya.

Umar menyebutkan, LSM yang mengatasnamakan KPK memang ada di NTB. Mereka kerap melakukan aksi demo di beberapa tempat.

“Kita belum tahu apa yang kegiatan yang dilakukannya. Jika ada penipuan kita tindak,” ujarnya.

Umar mengutarakan, sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan laporan terkait dengan adanya pihak yang merasa dirugikan dengan keberadaan LSM tersebut. “Jangan mentang-mentang nama LSMnya sama dengan KPK. Lalu memanfaatkannya kearah yang tidak baik. Itu sudah tidak sesuai,” jelasnya.

Umar menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati, jika ada seseorang yang mengatasnamakan KPK untuk melakukan pemerasan.

“Jika ada yang seperti itu. Silahkan lapor saja langsung ke Polisi,” himbaunya. (arl/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka