Ketik disini

Politika

Bawaslu NTB Siapkan Hadiah Rp 30 Juta dalam Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Bagikan

MATARAM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB akan mengadakan lomba karya jurnalistik. Perlombaan itu terbuka untuk seluruh media di NTB yang selama ini memberitakan tentang kepemiluan.

Divisi Sosialisasi Bawaslu NTB Bambang Karyono mengatakan, tema besar dalam lomba ini tentang peran Bawaslu NTB mengawal demokrasi. “Kami siapkan reward total Rp 30 juta,” kata Bambang Karyono kepada wartawan, kemarin (19/8).

Lomba karya jurnalistik itu merupakan program lanjutan dari kegiatan sebelumnya.

Bawaslu sudah melaksanakan lomba cerdas cermat untuk tingkat SMA se-NTB. Hanya saja pemenangnya belum diumumkan.

Terkait lomba karya jurnalistik itu akan melibatkan seluruh media cetak dan elektronik. Polanya, peserta dapat menyerahkan karya tulisnya sejak Senin 21 Agustus 2016.

Bagi media cetak, karya tulis berupa berita tentang pilkada serentak 2013, pemilu legislatif 2014, dan pemilu presiden 2014 dan termasuk pilkada serentak 2015.

“Nantinya karya tulis tersebut dapat disampaikan langsung kepada panitia di Kantor Bawaslu NTB. Adapun peserta dari Pulau Sumbawa dapat mengirimkan karya tulisnya melalui pos,” ujarnya.

Begitu juga dengan media televisi yang dapat mengirimkan karya tulisnya dalam bentuk tayang news, feature, atau dokumenter berdurasi 15 sampai 20 menit. Bambang menegaskan, adapun untuk media online juga dapat ikut serta dalam lomba tersebut.

Pihaknya juga melibatkan enam orang tim penilai independen terdiri atas unsur media dua orang, unsur KPID NTB, akademisi, dan budayawan.

Dia menilai, kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi Bawaslu terhadap peran jurnalis dalam mengawal demokrasi di NTB.

Terpisah Kasubag Hukum Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu NTBĀ  Lalu Mahrudin mengatakan, seluruh pemenang lomba akan diumumkan pada perayaan HUT Bawaslu ke-4 pada 21 September 2016.

Dia berharap semua insan pers di NTB berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut.

Dikatakan, Bawaslu NTB juga akan menyiapkan sejumlah kegiatan lainnya menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2018.

Termasuk membangun konsolidasi dan sosialisasi program Bawaslu.

“Ya nanti pemenangnya diumumkan saat HUT Bawaslu ke-4 di Mataram,” ungkapnya. (tan/r9)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka