Ketik disini

Selong

Polres Lombok Timur: LSM Nakal Bakal Dibubarkan

Bagikan

SELONGA�– Polres Lombok Timur (Lotim) menegaskan pihaknya akan mengusut sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terindikasi melakukan pemerasan. Sesuai namanya, LSM seharusnya dibentuk dari unsur masyarakat untuk bersama-sama memberi kontribusi membangun daerah. “Nanti kami dalami,” kata Kasat Reskrim Polres Lotim AKP Wendi Oktariansyah, kemarin (19/8).

Hal itu disampaikan menyusul berkembangnya rumor sejumlah LSM yang ada di daerah ini menyimpang dalam prakteknya sehari-hari. Kepala Kantor Kebersihan dan Tata Kota (KKTK) Lotim Mulki mengatakan dirinya punya pengalaman pribadi dengan sejumlah LSM nakal.

A�”Mereka biasa griliya ke kantor,”katanya.

Dengan pola itu, kesalahan aparatur negara sengaja dicari-cari. Dengan sedikit tekanan mereka memeras para birokrat. Kini modusnya makin beragam. Tak sedikit yang mulai menyasar desa-desa. Mencari peruntungan pada aparat desa yang ketakutan saat didatangi. “Saya setuju penertiban itu,”sambungnya.

Dikutip dari laman merdeka.com, Polda Metro Jaya menangkap pihak yang mengaku sebagai KPK dan melakukan pemerasan. Nama besar KPK oleh LSM nakal kerap dijadikan modus penipuan. “Kita berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief.

LSM yang sengaja menyamakan atau memirip-miripkan namanya dengan KPK juga tengah dikaji keabsahannya. Jika memangenyimpang dan tak ada landasan hukumnya, bisa saja dibubarkan. Pihaknya secara khusus menugaskan biro hukum menganalisa ada tidaknya dasar untuk membubarkan LSM yang sengaja memiripkan namanya dengan KPK. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka