Ketik disini

Sumbawa

Terkait Penundaan Pelantikkan Sekda, Bupati KSB Tak Ingin Salah Pilih

Bagikan

TALIWANG – Sekda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih tanda tanya. Bupati KSB HW Musyafirin masih enggan menyebut nama pejabat yang akan menduduki posisi nomor tiga di lingkup pemda itu.

Akademisi Universitas Negeri Jogjakarta (UNJ) Zulkarnaen menjelaskan, mundurnya jadwal pelantikan sekda ini harus dilihat dari sisi positif. Menurutnya, penundaan pelantikan sekda sesuatu yang wajar. Karena, jabatan sekda ini sangat strategis.

”Bupati tentu punya pertimbangan lain. Saya lihat, sepertinya bupati hati-hati menentukan sekda,’’ kata dosen ilmu sosial politik ini.

Sikap kehati-hatian bupati ini dianggap bukti jika bupati tidak ingin salah menentukan sekda. Apalagi posisi tersebut pernah dijabatnya selama tiga tahun. Sehingga, ia sangat paham tugas dan fungsi sekda.

”Sebagai mantan sekda, Pak  Bupati cukup paham posisi sekda. Jadi, bupati hati-hati memilihnya,’’ jelas dia.

Zulkarnaen berharap bupati tidak menunda lagi jadwal pelantikan sekda. Sebab, kehadiran sekda devinitif sangat berpengaruh terhadap tugas dan kinerja pemerintahan. Apalagi saat ini pemerintah dihadapkan dengan sejumlah pekerjaan internal yang cukup berat.

”Sekarang sedang ada pembahasan raperda organisasi perangkat daerah (OPD) baru. Kemudian disusul persiapan pembahasan RAPBD 2017. Kehadiran sekda sebagai ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sangat penting,’’ tegasnya.

Soal siapa sekda yang ditunjuk bupati, Zulkarnaen meminta semua pihak harus bisa menerimanya. Terutama internal birokrasi KSB.

”Siapapun yang dipilih bupati, itu harus diterima. Karena itu hak prerogatif kepala daerah,’’ katanya.

Sebelumya, Bupati KSB HW Musyafirin berencana melantik sekda, kemarin (19/8). Tapi, agenda itu batal. Bupati mengaku, pelantikan sekda untuk sementara ditunda. Penundaan ini sambil menunggu seluruh administrasi terkait pelantikan sekda rampung.

”Awalnya saya jadwalkan tanggal 19 Agustus (hari ini, red). Tapi itu ditunda, karena masih ada beberapa hal yang harus dituntaskan dulu,’’ katanya, Kamis (18/8).

Selain masih ada beberapa hal yang perlu dilengkapi, bupati beralasan waktu pelantikan juga sangat mepet. Sehingga, ia memilih pelantikan dilaksanakan awal pekan mendatang.

”Pekan depan pasti akan ada pelantikan,’’ tegas dia. (far/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka