Ketik disini

Sumbawa

13.200 Sertifikat Diserahkan September

Bagikan

SUMBAWA – Penyelesaian sertifikat bidang tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumbawa dikebut. Rencananya, sertifikat untuk 13.200 bidang lahan akan diserahkan kepada para pemohonnya pada September mendatang.

Kepala BPN Sumbawa Ramli mengungkapkan, tahun ini pihaknya menargetkan menyelesaikan sertifikat untuk sekitar 13.200 bidang tanah. Keseluruhan sertifikatnya terdiri dari sertifikat untuk program prona sebanyak 10 ribu bidang, lintas sektoral sebanyak 1.200 sertfikat dan redistribusi tol sebanyak dua ribu bidang sertifikat.

Ramli menjelaskan, untuk prona diharapkan akan bisa diserahkan secara keseluruhan pada September mendatang. Sampai saat ini, baru sekitar delapan ribu sertifikat yang sudah selesai. Dan yang sudah ditandatangani sertifikat untuk sekitar empat ribu bidang. ”Kami harapkan September besok sudah 100 persen,” ujarnya kepada Radar Sumbawa (Lombok Post Group).

Khusus untuk program redistribusi tol, semua sertifikatnya sudah selesai dicetak dan diselesaikan. Pihaknya mengharapkan pada akhir Agustus ini semuanya bisa diserahkan kepada masyarakat. Tinggal dilanjutkan dengan SK pemberian hak dan selanjutnya adalah pemberian sertifikat. Rencananya, pekan depan SK pemberian haknya sudah bisa diserahkan kepada masyarakat.

Sementara itu, untuk sertifikat lintas sektoral, belum bisa dipastikan selesai dalam bulan ini. Sebab ada sekitar 250 bidang diantara keseluruhannya yang terindikasi masuk kawasan hutan. Karena itu, pihaknya masih mencari pengganti untuk sertifikat 250 bidang tanah tersebut.

Menurut Ramli, kewenangan penyerahan sertifikat tersebut ada pada Kementerian Agraria. Biasanya akan diserahkan pada 24 September. Namun dengan banyaknya sertifikat yang sudah ditandatangani, dikhawatirkan ada yang tercecer atau hilang, jadi pihaknya meminta izin menyerahkan sertifikat tersebut.

Diungkapkan, pihaknya sudah mendapatkan izin secara lisan dari pihak kementerian untuk menyerahkan sertifikat yang sudah ditandatangani. Nantinya, sisa sertifikat lain akan diserahkan pada September mendatang. (run/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka