Ketik disini

Kriminal

Imigrasi Mataram Tahan Bule Italia

Bagikan

MATARAM – Tim Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Kelas IA Mataram menangkap salah seorang Warga Negara Asing  (WNA) asal Italia berinisial WM di salah satu kafe di kawasan Senggigi, Lombok Barat (Lobar) beberapa waktu lalu. Imigrasi menyebut pria 36 tahun itu ditahan lantaran tak bisa menunjukkan dokumen keimigrasiannya.

“Kita tangkap WM ini karena dia imigran gelap,” Kasi Penindakan dan Pengawasan Imigrasi Kelas IA Mataram  Raden Agung Wibowo.

Agung mengaku sudah lama mengincar WM. Beberapa bulan lalu, pihaknya pernah mengirim tim pertama untuk mengincar pria asal negeri Pizza itu.

“Namun, tim pertama kehilangan jejak,”ungkapnya.

Kini setelah tertangkap WM harus mendekam untuk sementara di ruang Detensi Imigrasi Mataram. Agung menegaskan, karena WM tak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian, sehingga, ia mengancamannya dengan  pasal 71 juncto pasal 116 Undang-undang Nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Dengan sanksi pidana selama tiga bulan dan denda Rp 25 juta.

“Khusus untuk stakeholder lokal, khususnya pemilik home stay hingga hotel untuk melaporkan selama 24 jam WNA yang menginap,” ungkapnya.

Langkah itu untuk mengontrol sejauh mana para WNA ini mematuhi aturan yang ada. (arl/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka