Ketik disini

Headline Sumbawa

Bupati: Negara Jangan Sampai Kalah

Bagikan

SUMBAWAA�– Penertiban yang dilakukan terhadap aktivitas penambangan tanpa izin (PETI) di Kecamatan Alas mulai membuahkan hasil. Karena itu Bupati Sumbawa Husni Djibril mengintruksikan agar tim penertiban jangan sampai kalah dengan penambang. Bupati juga menegaskan agar para penambang dari luar daerah hengkang dari Sumbawa.

Bupati mengatakan, adanya aksi penolakan dari para pelaku tambang ini wajar-wajar saja. Namun, para pelakunya harus sadar bahwa itu adalah mata pekerjaan yang ilegal. Karena itu, pemerintah jangan sampai kalah dengan para pelaku tambang ilegal ini.

”Masak negara mau kalah dengan para pelanggar ini,” kata bupati ditemui seusai pertemuan dengan Tim Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN), kemarin.

Bupati menjelaskan, jangan sampai pemerintah daerah menoleransi penyimpangan yang terjadi. Karena itu, dengan tegas pemerintah melarang aktivitas penambangan ilegal tersebut. Kalau mau, masyarakat harus mengurus perizinan tambang rakyat.

Menurut bupati, hanya segelintir orang saja yang mendapat untung dari aktivitas tambang ilegal itu. Namun, imbasnya dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa. ”Jangan main-main orang Sumbawa didiamkan saja. Para penambang pendatang itu bukan harus, tapi wajib untuk keluar,” tegas bupati.

Terkait penertiban gelondong, diminta untuk dilakukan secara persuasif. Tindakan persuasif ini bukan tindakan lemah. Tetapi tindakan tegas dengan cara yang santun dan baik. Bupati meminta agar gelondong yang ada tidak dihancurkan tetapi dikembalikan kepada pemiliknya. Hanya saja, ketika ada pertanyaan mengenai penambangan ilegal, harus dihabisi. ”Namanya juga ilegal, masak harus ditoleransi. Tegas saja. Cuma tetap ada tindakan persuasif, bukan kalah dengan pelanggar-pelanggar ini,” pungkas bupati. (run/r 4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka