Ketik disini

Sumbawa

SK Kades Terpilih Sudah Disiapkan

Bagikan

SUMBAWAA�– Surat Keputusan (SK) Bupati terhadap 20 orang kepala desa (Kades) terpilih dalam pilkades serentak 13 Agustus lalu kini dipersiapkan. Termasuk acara pelantikan.

Menurut kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Sumbawa Tarunawan, saat ini pihaknya tengah menunggu SK hasil pilkades dari beberapa BPD di desa yang menggelar pilkades. Karena SK dari BPD itu menjadi dasar Bupati Sumbawa nantinya untuk mengeluarkan SK bagi setiap kades terpilih.

“Sudah hampir semuanya rampung. Hanya ada beberapa saja yang belum dan dalam satu dua hari ke depan mungkin sudah rampung,” kata Tarunawan.

Sesuai tahapan, lanjut Tarunawan, jika SK dari BPD suah diterima bupati, maka SK untuk kades terpilih dikeluarkan paling lambat dalam rentang waktu 30 hari. Begitu juga untuk pelantikan, rentang waktunya juga paling lambat 30 hari terhitung sejak SK kades terpilih dikeluarkan.

“Tapi kami upayakan pelantikannya nanti bisa dilakukan secara serentak,” katanya.

Disinggung mengenai sejumlah persoalan yang diadukan tim dari kubu yang kalah, menurut Tarunawan, itu menjadi bagian yang berbeda. Karena pada prinsipinya semua tahapan pilkades hingga nanti pelantikan tidak boleh terganggu dengan adanya persoalan tersebut. Karena terkait protes dan hal terkait lainnya telah diberi ruang untuk penyelesaiannya. Baik dilakukan secara musyawarah ataupun melalui pengawas pemilihan di masing-masing desa hingga ke proses hukum.

“Intinya proses pilkades hingga tahapan pelantikan tidak boleh berhenti karena adanya persoalan di lapangan. Apabila ada dugaan pelanggaran dan hal lainnya, maka ada mekanisme tersendiri yang bisa ditempuh,” katanya. (aen/r 4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka