Ketik disini

Sumbawa

Raperda OPD Dikebut

Bagikan

TALIWANG a�� DPRD Sumbawa Barat memulai tahapan pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang organisasi perangkat daerah (OPD).

Senin kemarin, merupakan babak awal pembahasan raperda yang dijadwalkan tuntas 9 September mendatang ini. Pemerintah sendiri telah memberikan pandangan umum tentang pengusulan raperda tersebut. Bupati Sumbawa Barat, H Musyafiri mengatakan, pengusulan raperda itu diharapkan dapat segera dibahas DPRD KSB. Pemerintah berharap raperda ini bisa disahkan tepat waktu.

” Kita harap raperda ini bisa disahkan paling telat 9 September mendatang,” katanya.

Bupati mengakui, raperda OPD menjadi salah satu raperda yang sangat penting bagi pemerintah. Pasalnya, perubahan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus memiliki dasar hukum yang jelas.

Diakuinya, dalam raperda OPD ini akan terjadi perubahan dalam tubuh instansi Pemda KSB. Beberapa SKPD yang sebelumnya hanya berstatus kantor naik menjadi dinas dan badan. Demikian halnya dengan sejumlah bidang-bidang di SKPD terkait, juga akan disesuaikan dengan beberapa SKPD lain.

“Nanti ada beberapa SKPD yang bidang-bidangnya digabung menjadi satu. Ada juga yang bergeser. Ini kita lakukan sesuai perintah UU,” ujarnya.

Raperda OPD juga akan menjadi landasan pemerintah melakukan pembahasan dan pengusulan terhadap raperda APBD tahun 2017.

“Perda OPD ini harus kita sahkan dulu, setelah itu baru kita lanjutkan pada pengusulan raperda tentang APBD 2017,” ujarnya. (far/r 4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka