Ketik disini

Headline Selong

Kawasan Tertib Lalu Lintas Tak Dipatuhi

Bagikan

SELONG – Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) Lombok Timur (Lotim) yang ada di Selong masih banyak dilanggar. Padahal KTL adalah etalase dan wahana ketertiban berlalu-lintas yang harusnya menjadi contoh bagi ruas-ruas jalan lain di seluruh Lotim.

”Karena itu, kami mulai lagi dengan gigi lima (tindak tegas,red) lakukan penertiban,” kata Kasat Lantas Polres Lotim AKP Bayu Eko, kemarin (30/8).

KTL yang ada saat ini juga dikatakan banyak kekurangan. Yang pertama dari segi panjang jalan yang tak bertambah sejak 2003 lalu. Bayu juga menyoroti kondisi KTL yang di sejumlah titik minim marka jalan dan dalam kondisi rusak parah. ”Tengok saja di jalan M Yamin dan Ahmad Dachlan,” katanya memberi contoh.

Karena itulah, pembahasan masalah KTL dengan sejumlah pihak terkait dilakukan belum lama ini. Bina Maga PU, Dishubkominfo, bahkan Bappeda Lotim turut hadir. Yang pertama dibahas adalah rencana penambahan luasan area KTL. Rencananya jalan baru di Rakam dan jalur belakang DPRD Lotim hingga Perempatan PTC juga hendak dijadikan KTL.

Sedang untuk marka jalan, PU dan Dishubkominfo diminta melakukan kerja sama. Jangan sampai setelah dipasang dishubkominfo, lalu rusak karena ada perbaikan jalan oleh PU. ”Jadi harus diatur, supaya jalan diperbaiki, terus marka dibuat, jangan justru saling tindih,” ujarnya.

Dalam rencana pengembangan pemerintah yang sudah diperolehnya, 2017 mendatang, pembangunan ruas-ruas KTL baru di Selong dimulai. Harapannya, peningkatan KTL berdampak pada peningkatan kesadaran masyarakat dalam berkendara.

Kabid Darat Dishubkominfo Lotim Parhan mengatakan persetujuannya atas rencana besar penataan menyeluruh itu. Menurutnya KTL saat ini memang perlu pembenahan. KTL yang membentang dari perbatasan Gelang-Selong menuju jalan Ahmad Dachlan perlu diperbaiki. Penambahan marka menjadi atensinya, disamping penindakan kendaraan angkutan yang menyalahi aturan. ”Kita akan terus dorong supaya KTL makin baik,” ujarnya. (yuk/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka