Ketik disini

Headline Metropolis

Sah, Total OPD 37 SKPD

Bagikan

MATARAM – Hasil rapat paripurna Pansus Raperda tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD), DPRD Kota Mataram memutuskan jumlah SKPD, sebanyak 37 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Jumlah ini kurang satu dari usulan sebelumnya sebanyak 38 SKPD.

“OPD yang telah disepakati dari hasil kerja pansus, ada 6 kecamatan, 4 badan dan 37 dinas. Jadi totalnya 37 SKPD,” kata Ketua Pansus Rapeda OPD H Muhir.

Ia menglaim, pansus berhasil melakukan efisiensi anggaran dari pengajuan yang dilakukan eksekutif sebelumnya yakni sebanyak 38 SKPD. Posturnya lebih ramping, tidak gemuk sehingga diharapkan berdampak pada efektifitas koordinasi.

“Sudah diketok (ditetapkan OPD seperti hasil pansus), sudah selesai,” ujarnya lagi.

Perubahan yang dilakukan antara lain, Dinas Kebersihan akan masuk dalam Dinas Lingkungan Hidup. Dinas Pertamanan dan Tata Kota, masuk dalam Dinas Pekerjaan Umum. Lalu BPKAD masuk dalam Dinas Pendapatan.

Sementara, Diskoperindag dipisah menjadi dua SKPD, yakni Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah. Dishubkominfo juga dipisah menjadi dua dinas. Dinas Perhubungan dan Dinas Informatika dan Persandian.

“Penetapan ini jadi acuan untuk melalukan mutasi sesuai dengan PP 18 tahun 2016,” ulasnya.

Di samping itu, OPD yang telah ditetapkan menjadi acuan menentukan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setda Kota Mataram Cukup Wibowo mengatakan, hasil yang telah diketok tadi merupakan pembahasan antara pansus dengan eksekutif, terkait raperda perangkat daerah yang telah diajukan eksekutif.

“Jadi, jumlahnya SKPD sudah ketemu,” ulasnya.

Ada beberapa perubahan memang dari postur yang diajukan sebelumnya. Seperti pengajuan untuk memisahkan, Perpustakaan dengan Kearsipan.

“Tapi dalam pembahasan pansus, itu minta disatukan,” tandasnya. (zad/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka