Ketik disini

Bima - Dompu

Bappenas Dorong Pembentukan Bumdes

Bagikan

BIMA – Alokasi dana desa (ADD) harus benar-benar dimanfaatkan untuk mendorong kemandirian desa. Diantaranya dengan mendirikan dan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

”Bumdes akan mendorong pembangunan dan perekonomian warga,” jelas Kabag Perencanaan Pembangunan Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Bima Amar Ma’aruf,  kemarin(16/9).

Dikatakan, Bappenas mendorong setiap desa membentuk Bumdes. Mereka pun siap mendukung  Bumdes dengan anggaran maupun peralatan, sesuai bidang usaha yang dikelola.

”Bappenas siap membantu kita. Ini merupakan peluang bagi desa untuk segera membentuk  Bumdes,” terangnya.

Amar Ma’ruf menjeIaskan, untuk membangun desa mandiri diperlukan ekonomi yang kuat. Penopangnya adalah Bumdes.

”Potensi yang ada di desa banyak. Potensi itu harus dikelola dan dikembangkan melalui Bumdes, supaya menjadi sumber pendapatan desa,” terangnya.

Diakui, ADD yang diterima belum bisa memenuhi semua kebutuhan pembangunan di desa. Sehingga, harus ada upaya untuk menggali potensi yang ada melalui Bumdes.

”Bappenas siap membantu melalui kerja sama dengan luar negeri. Asal Bumdes di desa itu memiliki usaha yang potensial,” terangnya.

Seperti Bumdes Desa Sari, Kecamatan Sape yang mendapat apresiasi dari Bappenas. Mereka mengelola PDAM desa. Hasilnya, masuk sebagai pendapatan desa.

”Desa lain bisa mengelola bidang usaha apa saja. Selama itu memberi manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya. (dam/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka