Ketik disini

Sumbawa

Pemerintah Bangun Ulang Rumah Korban Kebakaran

Bagikan

TALIWANG — Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa Barat membangun ulang rumah Jumadi yang ludes terbakar akhir pekan lalu.  Rumah warga Batu Nampar, Kelurahan Telaga Bertong ini dibangun ulang menggunakan dana CSR dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di Sumbawa Barat.

 ‘’Ini bentuk perhatian kita kepada warga sekitar. Kebakaran itu membuat mereka kehilangan rumah bersama harta benda lainnya,’’ kata Bupati  Sumbawa Barat H Musyafirin saat peletakan batu pertama pembangunan rumah baru korban kebakaran, kemarin.

Bupati mengatakan pembangunan unit rumah baru bagi keluarga ini menjadi bukti nyata jika pemerintah peduli dengan kondisi masyarakat. Baik yang hidupnya kurang beruntung, maupun karena tertimpa musibah seperti ini. ‘’Saya mengajak semua pihak untuk lebih peka terhadap kondisi masyarakat. Ini bukan saja tugas pemerintah, tapi mencakup semua pihak. Terutama perusahaan-perusahaan yang beroperasi di KSB,’’ ujarnya.

Peletakan batu pertama pembangunan rumah baru bagi korban kebakaran ini juga disaksikan Sekda Abdul Azis,  anggota DPR RI dari PPP Hj Ermalena, Ketua PKK KSB Hj Hanifah Musyafirin dan Kepala BPMPD yang baru dilantik Mulyadi.

‘’Pembangunan rumah ini semuanya murni menggunakan dana sumbangan dan CSR dari perusahaan maupun perbankan yang ada di KSB. Tidak ada dana APBD yang kita pakai untuk pembangunan rumah baru ini,’’ katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Manurung mengatakan pembangunan rumah ini sepenuhnya mengandalkan dana CSR perusahaan. Manurung menegaskan, program tersebut tidak termasuk dalam program bedah rumah yang sedang didata oleh pemerintah saat ini.

‘’ Ini sepenuhnya bersumber dari sumbangan pihak ketiga,’’ katanya.

Mantan Kabag Humas Setda KSB ini mengatakan seluruh rumah akan dibangun baru. ‘’Tidak mungkin direhab, karena kondisi akibat kebakaran itu mengakibatkan rumah itu rata dengan tanah. Satu-satunya yang bisa kita lakukan adalah bangun ulang,’’ katanya. (far/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka