Ketik disini

Bima - Dompu

Jamaah Haji Dompu Dilanda Batuk dan Flu

Bagikan

DOMPU – Setelah dua minggu berada di  Makkah, kondisi kesehatan jamaah haji Kabupaten Dompu mulai menurun. Ini  akibat perubahan cuaca dan suhu yang tinggi. Stamina para jamaah menurun, sehingga banyak yang terserang flu, batuk dan pusing.

Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) dan anggota TPHI Kabupaten Dompu, Yuhasmin dari Makkah melaporkan, meski dilanda batu, flu dan pusing, kondisi para jamaah dalam keadaan baik-baik saja. Batuk dan flu ini karena jamaah haji menghadapi cuaca atau suhu yang berbeda dengan di Dompu. Ada juga karena alergi debu.

“Kondisinya tidak terlalu parah, hanya batuk dan flu ringan. Para jamaah juga sudah diperiksan oleh tim dokter khusus,” ujar Yuhasmin melalui telepon pada Radar Dompu (Lombok Post Group), kemarin(16/9).

Menurut Ketua KONI Dompu ini, suhu siang hari di Makkah saat ini mencapai 45 derajat Celcius. Praktis itu membuat stamina para jamaah cepat menurun, sehingga mereka cepat lelah. “Sudah biasa, para jamaah sakit karena pengaruh panas,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini para jamaah sudah kembali ke pemondokan usai menempuh perjalanan dari Mina melaksanakan tarwiyah. Sebelumnya, para jamaah melakukan wukuf di Arafah dan lempar jumrah di Musdalifah.

“Mereka sudah melakukan proses yang sama dengan jamaah haji lainnya,” pungkasnya. (jw/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka