Ketik disini

Giri Menang

Bupati Bisa Tunjuk Dua Calon Wabup

Bagikan

GIRI MENANG – H Fauzan Khalid tampak masih kokoh memegang kendali Kabupaten Lombok Barat (Lobar) seorang diri. Sejak resmi dilantik sebagai Bupati Lobar 6 April 2016, hingga kini dia belum memperoleh pendamping. Terdapat tiga nama yang akan diusulkan partai politik pengusung sebagai calon Wakil Bupati Lobar.

Salah satu nama calon Wakil Bupati Lobar adalah H Sardian. Dia merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Lobar dan didorong sebagai calon pendamping Fauzan. Dua nama lainnya adalah Indra Jaya Usman yang diusulkan Partai Demokrat, dan Nauvar Furqoni Varinduan yang diusulkan Partai Golkar.

Terkait dengan itu, DPRD Lobar tidak ingin kecolongan. Mereka menyiapkan formula yang diatur dalam tata tertib pemilihan calon Wakil Bupati Lobar. Wakil Ketua DPRD Lobar Sulhan Mukhlis Ibrahim mengatakan ada keinginan DPRD membuat ijmak baru.

Ijmak itu untuk mengantisipasi seandainya partai pengusung tidak satu pilihan dalam menentukan dua calon Wakil Bupati Lobar. “Kalau sampai batas satu tahun sebelum masa kepemimpinan habis masih juga partai politik belum sepakat, bupati boleh mengambil dua dari tiga calon untuk diusulkan kepada DPRD,” kata Sulhan kepada Lombok Post kemarin (18/9).

Saat ini DPRD Lobar menunggu hasil revisi tata tertib dari Kementerian Dalam Negeri. Sulhan yakin revisi itu sudah diterima dalam bentuk tertulis dalam pekan depan. Selanjutnya, pihaknya akan membentuk panita pemilih yang akan bekerja cepat.

Politisi muda PKB itu menilai Lobar sangat membutuhkan wakil bupati untuk membantu tugas-tugas bupati. Pelayanan publik menjadi alasan yang dikedepankan. Selain itu, keberadaan wakil bupati itu juga sangat penting begitu masuk tahapan pilkada 2018.

“Kalau wakilnya belum ada, lantas siapa yang menjalankan pemerintahan ketika bupatinya cuti. Ini juga perlu menjadi perhatian semua pihak,” tegas dia.

Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan H Rachmat Hidayat menyatakan tetap mendorong kadernya H Sardian sebagai calon Wakil Bupati Lobar. Konsistensi PDI Perjuangan didasari atas keputusan yang sudah dikeluarkan beberapa waktu lalu.

“Tetap Sardian, nggak ada yang lain lagi,” jelas dia.

Sebagai salah satu partai pengusung pasangan Azan, PDI Perjuangan kata Rachmat punya hak untuk mengusulkan nama. Dia optimistis Bupati Fauzan pun menerima usulan PDI Perjuangan tersebut. (tan/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka