Ketik disini

Giri Menang

Saham Pemda Hanya Tiga Persen

Bagikan

GIRI MENANG – DPRD Lombok Barat (Lobar) mengusulkan agar Pemda Lobar meninjau kembali kerja sama dengan Lombok City Center (LCC). Wakil Ketua DPRD Lobar Sulhan Mukhlis Ibrahim mengatakan usulan itu dilatari atas nilai saham yang dimiliki Lobar tidak sesuai dengan hasil yang diperoleh LCC.

“Total saham Pemda Lobar melalui Perusda PT Tripat di LCC hanya tiga persen. Tidak sesuai dengan total aset yang dimiliki LCC itu,” ujar Sulhan kepada wartawan, kemarin (20/9).

Dia merincikan jumlah aset yang dimiliki Lobar di lokasi pembangunan LCC mencapai 6,2 hektare. Jika harga per-arenya senilai Rp100 juta, maka total aset yang dimiliki mencapai Rp 600 miliar.

Sementara jika nilai pembangunan LCC mencapai Rp150 Miliar, maka setidaknya Pemkab Lobar dalam hal ini PT Tripat memiliki saham hingga 28 persen.

Apalagi, hingga saat ini, belum diketahui nilai dividen yang diperoleh Lobar dari LCC. Kecilnya nilai saham yang dimiliki tersebut tentu akan berpengaruh terhadap dividen.

Padahal, kata politisi PKB itu, jika dibandingkan dengan Lombok EpicentrumA� Mall (LEM), bangunan LCC lebih sederhana.

Dikhawatirkan kondisi tersebut justru menjadi persoalan lantaran terdapat unsur kerugian negara. Terlebih hal seperti itu pernah terjadi saat tukar guling eks Kantor Bupati Lobar di Mataram beberapa tahun lalu.

Terpisah, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Lobar H Poniman justru tidak tahu nilai penyertaan modal Perusda di LCC. Menurut dia, hal itu merupakan urusan Perusda PT Tripat dengan LCC dalam hubungan bisnis.

Lagipula, kata Poniman, penandatanganan kerja sama dilakukan kedua belah pihak. Pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap Perusda pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Kami tidak bisa menilai sepihak untung ruginya karena yang melakukan perjanjian kerja sama adalah Perusda dan LCC,” ungkap Poniman.

Adapun terkait desakanA� dewan untuk meninjau kembali kerja sama itu, Poniman juga belum dapat menyikapinya. Dia menilai dewan punya hak pengawasan sehingga berhak mengimbau atau mengusulkan terkait temuannya. (tan/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka